PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA SE KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES


Novi Kusmiyatinningsih , 7101413065 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA SE KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (686kB) | Preview

Abstract

Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan Kantor Kepala Desa di Kecamatan Paguyangan. Kinerja yang berada di Kantor Kepala Desa Se Kecamatan Paguyangan kurang optimal dikarenakan kurangnya ketepatan waktu dalam penyelesaian pekerjaan dan kurangnya menaati peraturan yang ada. Kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat pendidikan, kepemimpinan, dan teknologi informasi yang ada di Kantor Kepala Desa Se Kecamatan Paguyangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, kepemimpinan, dan teknologi informasi terhadap kinerja perangkat desa Se Kecamatan Paguyanagn Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa di lingkup wilayah Kecamatan Paguyangan yaitu sebanyak 154 perangkat desa. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 61 perangkat desa yang diperoleh dari rumus Slovin dengan taraf tingkat kesalahan sebesar 10%. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda, analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif presentase, dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= -29,153 + 0,669 X1 + 0,785 X2 + 0,957 X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung = -29,153 dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari tingkat pendidikan, kepemimpinan, dan teknologi informasi terhadap kinerja perangkat desa yaitu sebesar 47,9%. Sedangkan pengaruh secara parsial atau sendiri-sendiri untuk tingkat pendidikan yaitu sebesar 13,32%, kepemimpinan sebesar 19,18%, dan teknologi informasi yaitu sebesar 27,46%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan tingkat pendidikan, kepemimpinan, dan teknologi informasi terhadap kinerja perangkat desa Se Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes secara simultan. Saran dalam penelitian ini adalah disarankan kepada pimpinan untuk lebih tegas dalam menangani bawahan atau masalah lainnya, perangkat desa untuk mengoptimalkan pendidikan, dan diharapkan perangkat desa mendapat balas jasa yang sesuai dengan pekerjaannya dan dapat mengoperasikan IT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Kepemimpinan, Teknologi Informasi dan Kinerja Perangkat Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 14:04
Last Modified: 15 May 2019 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item