PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, RISIKO BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Silva Oscarina Mahardhika , 7211413065 (2017) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, RISIKO BISNIS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (714kB) | Preview

Abstract

Struktur modal menjadi bagian penting dalam perkembangan suatu perusahaan. Kemajuan perusahaan ditentukan oleh permodalannya. Pemenuhan modal tersebut dapat berasal dari pendanaan internal maupun eksternal. Pengambilan keputusan berkaitan dengan modal harus dipertimbangkan untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan. Struktur modal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur aktiva, risiko bisnis, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Objek penelitian ini adalah perusahaan property and realestate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013-2015. Populasi berjumlah 49 perusahaan dan sampel penelitian sebanyak 28 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Pengujian pengaruh variabel moderating menggunakan uji Moderated Regression Analysis dengan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian ini yaitu struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Risiko bisnis berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas tidak mampu memoderasi struktur aktiva terhadap struktur modal. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh risiko bisnis terhadap struktur modal. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Simpulan penelitian ini yaitu hanya variabel risiko bisnis dan ukuran perusahaan yang berpengaruh terhadap struktur modal, serta profitabilitas mampu memoderasi pengaruh risiko bisnis terhadap struktur modal. Saran untuk calon investor yaitu diharapkan lebih memahami tingkat risiko bisnis serta ukuran perusahaan sebelum mengambil keputusan bisnis karena hal ini dapat dijadikan indikasi pertimbangan dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Struktur Modal, Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 08 Feb 2018 11:26
Last Modified: 08 Feb 2018 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item