PENDETEKSIAN FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT DALAM PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)


Gilang Maulana , 7211412145 (2017) PENDETEKSIAN FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT DALAM PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211412145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kecurangan laporan keuangan dengan analisis fraud triangle yang dikemukakan oleh Donald R. Cressey (1953). Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel pressure dengan proksi financial stability, external pressure, financial target, opportunity dengan proksi transaksi pihak istimewa, audit delay, ineffective of monitoring, rationalization dengan proksi opini audit, dan auditor switching terhadap fraudulent financial statement. Sampel yang digunakan adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, yaitu sebanyak 23 perusahaan. Data yang digunakan adalah berupa data sekunder dari laporan keuangan dan annual report perusahaan. Metode analisis data menggunakana analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 21. Hasil nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0,180 yang berarti bahwa variabilitas variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen adalah 18%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa variabel financial stability, external pressure, audit delay, ineffective of monitoring dan opini audit berpengaruh signifikan terhadap fraudulent financial statement. Kemudian variabel financial target, transaksi pihak istimewa, dan auditor switching tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial statement. Saran bagi penelitian selanjutnya agar memiliki informasi objek penelitian yang lebih luas, mengembangkan pengukuran pada variabel yang sama, serta menambah variabel lainnya yang berkaitan dengan kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fraudulent Financial Statement, Fraud Triangle, F-Score Model
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 07 Feb 2018 13:37
Last Modified: 07 Feb 2018 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29806

Actions (login required)

View Item View Item