PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN JAMI’ATUL QURO’ KOTA MAGELANG
Sheila Isabell Maleva , 1201413072 (2017) PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN JAMI’ATUL QURO’ KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (777kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan kreatifitas hendaknya dimulai pada usia dini, yaitu di lingkungan keluarga sebagai tempat pendidikan pertama dan dalam pendidikan pra sekolah yang dapat ditunjang dengan pemberian permainan edukatif yang dapat melatih kemampuan otaknya. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis permainan yang diterapkan di Kelompok Bermain Jami‟atul Quro‟ dalam mengembangkan kreativitas anak, (2) Menganalisis kendala permainan edukatif dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di Kelompok Bermain Jami‟atul Quro‟. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, Kepala Sekolah, dan orang tua anak didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data dibuktikan melalui triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: (1) Permainan edukatifmempunyai perananyang besar dalam tumbuh kembang anak. Dengan sisi edukatif , permainan ini bertujuan menstimulasi perkembangan anak dan membantu proses perkembangan anak disemua aspek perkembangannya dimulai dari kognisi, bahasa, seni, sosial emosionalnya, moral, fisik motorik, termasuk mengembangkan sisi kreativitas di dalamnya, (2)Kendala pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan edukatif di Kelompok Bermain Jami‟atul Quro‟adalah sarana dan prasarana yang terbatas, dan kemampuan guru yang berbeda dalam mengembangkan kreativitas anak sehingga dapat mempengaruhi proses perkembangan anak. Simpulan dari hasi penelitian antara lain: (1) Permainan edukatif merupakan sarana untuk mengembangkan semua yang ada dalam diri anak, memaksimalkan pertumbuhannya, dan sebagai bekal pondasi anak untuk kedepannya, (2) Kendalanya adalah sarana dan prasarana yang terbatas, dan perbedaan guru, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu, saran yang dapat disampaikan adalah: (1) Melengkapi dan menambah sarana dan prasarana, (2) Meningkatkan kualitas guru-guru paud, yang dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan.baik dari skala daerah maupun skala nasional, sehingga mutu pembelajaran akan terjamin
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan edukatif, kreativitas, anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 17:51 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 17:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29791 |
Actions (login required)
View Item |