STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL OLAHAN CARICA (Studi Kasus Pada UKM Gemilang Di Kabupaten Wonosobo)


Alfiah Mudrikah , 7101413126 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECIL OLAHAN CARICA (Studi Kasus Pada UKM Gemilang Di Kabupaten Wonosobo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413126.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (903kB) | Preview

Abstract

Carica merupakan buah khas Dataran Tinggi Dieng yang tidak ditemukan di daerah lain. Salah satu unit usaha yang mengolah buah carica adalah UKM Gemilang. Produk yang dihasilkan dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Wonosobo. Usaha pengolahan carica berpotensi dikembangkan menjadi industri skala besar. Hasil observasi awal diperoleh data kenaikan jumlah luas areal tanaman carica dan produsen penghasil olahan carica. Permasalahan yang dihadapi adalah persaingan antar produsen carica yang semakin ketat dengan jumlah produsen yang meningkat dan tidak ada jaminan ketersediaan bahan baku utama buah carica. Fokus penelitian yaitu menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi UKM. Selain itu juga merumuskan alternatif strategi bagi UKM dalam pengembangan usaha. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di UKM Gemilang yang beralamatkan di Siyono, 02/03, Bojasari Kertek, Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengisian kuesioner. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan dalam adalah lokasi industri yang strategis dan yang menjadi kelemahan adalah belum memiliki fasilitas penelitian dan pengembangan sendiri. Faktor eksternal yang menjadi peluang adalah jumlah wisatawan yang meningkat dan yang menjadi ancaman adalah bahan baku utama merupakan buah musiman. Alternatif strategi yang dapat ditawarkan dalam upaya pengembangan usaha adalah strategi SO dengan meningkatakan kapasitas produksi, dan mengoptimalkan saluran distribusi, strategi WO dengan meningkatkan upaya pemasaran produk dengan promosi, dan melakukan kerjasama dengan lembaga penelitian dan pengembangan Wonosobo, strategi ST dengan meningkatkan kualitas produk agar dapat bersaing dengan industri carica yang lain, dan menaikan harga jual produk carica dan loyalitas konsumen, strategi WT dengan meningkatkan persediaan stock bahan baku bahan pendukung dan melakukan kontak kerjasama, dan melakukan perbaikan sistem manajemen keuangan. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan kerjasama dengan pemerintah atau swasta pengelola pariwisata untuk mengenalkan produk olahan carica secara lebih efektif kepada wisatawan, bekerjasama dengan UKM lainnya meneliti varian produk carica untukmengetahui tingkat keuntungan yang diperoleh, dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk carica UKM Gemilang. Carica is a typical fruit of the Dieng Plateau that can not be found in other areas. One of the enterprise units who cultivate carica is SME Gemilang. The product is known as the typical souvenir of Wonosobo. Carica's processing industry might be developed into larger scale. From the initial observation results, it is found that the areas of carica fields and the manufacturers producing processed carica are increased. The problems faced are the tougher competition between manufacturers with the increasing numbers of carica manufacturers and there is no guarantee that the raw materials, carica, will always be available. The focus of this research was analyzing the internal and external factors which became the strengths, weaknesses, opportunities and threats for SMEs. It also formulated an alternative strategy for SMEs in developing their business. The approach used is qualitative with descriptive method and the design research is case studies. The location of the research is on SME Gemilang addressed in Siyono, 02/03, Bojasari Kertek, Wonosobo. Data collection techniques used are observation, interviewing, documentation, and filling the questionnaire. Data validity test used is source triangulation. Techniques of data analysis are performed by using data reduction, presentation, and conclusion withdrawal. The research results showed that the internal factors which become a strength in the industry is a strategic location and which become a weakness is that there hasn't any research and development facility of its own yet. External factors that become an opportunity is the increasing numbers of tourists and that become a threat is that the main raw material is a seasonal fruit. An alternative strategy that can be offered in business development efforts is the SO strategy which can increase the production capacity, and optimize the distribution channels, WO strategy by increasing product marketing efforts using promotion, and cooperating with Wonosobo research and development institutions, ST strategy by improving product quality in order to compete with the other carica industries, and increasing the selling price of the carica products and consumers' loyalty, WT strategy by increasing the availability of the raw materials' stock, cooperating, and improving the financial management systems. Advice that might be given is to increase the cooperation with the Government or private sectors that manage tourism to introduce the products of carica more effectively to tourists, to collaborate with other SMEs in researching variants of carica products to identify the level of profit gained, and further research to find out the level of consumers' satisfaction of carica products from SME Gemilang .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Carica, Strategi, UKM Carica, Strategy ,SME
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Feb 2018 12:43
Last Modified: 08 Apr 2019 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item