PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN KORONKA BAWEN KABUPATEN SEMARANG


Wahyu Trisnawati , 1201413061 (2017) PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN KORONKA BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (979kB) | Preview

Abstract

Mengembangkan kreativitas di kelas merupakan faktor utama yang penting. Pendidik yang mengerti kreativitas dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kreativitas. Pendidik yang melatih serta mengajarkan kreativitas haruslah pendidik yang mempunyai jiwa kreatif. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana peran pendidik dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka, bagaimana faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka, serta bagaimana faktor penghambat pengembangan kreativitas seni anak usia dini di Kelompok Bermain Koronka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan utama terdiri dari Pendidik Kelompok Bermain Koronka,, sedangkan informan pendukung terdiri dari Pengelola Sekolah, serta Orang Tua peserta didik. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data merupakan pengumpulan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu pendidik dalam mengembangkan kreativitas seni anak sudah berjalan dengan baik. Di setiap awal pembelajaran, pendidik selalu memperagakan gerak dan lagu yang sudah dirancang oleh pengelola sekolah. Selain itu juga terdapat program ekstrakulikuler untuk menunjang kreativitas seni anak, yang terdiri dari: drumb band, perkusi, keyboard, angkung, rebana, dan tari. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap seminggu sekali. Peserta didik sangat antusias pada saat pembelajaran dan latihan berlangsung. Kreativitas seni anak dapat dinilai pada saat pelaksanaan pentas seni di acara tutup tahun. Pendidik yang kreatif akan berpengaruh terhadap peserta didiknya. Selain itu, faktor yang mendukung kreativitas seni berasal dari dukungan orang tua serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor yang menghambat kreativitas seni terletak pada pendidik atau orang tua yang mematahkan ide yang dikemukakan anak, persaingan antar anak, pembatasan terhadap rasa ingin tahu anak, pendidik yang banyak melarang anak, serta pola asuh orang tua yang terlalu mengawasi anak. Simpulan dari penelitian ini yaitu peran pendidik dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia din sudah berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan tugas seorang pendidik dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik. Adapun saran yang diberikan untuk Pendidik Kelompok Bermain Koronka yaitu lebih memperhatikan kegiatan anak, dan memperhatikan lingkungan sekitar anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran pendidik, Kreativitas seni
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Feb 2018 18:19
Last Modified: 03 Feb 2018 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29724

Actions (login required)

View Item View Item