EFEKTIVITAS BOOKLET DAN PERMAINAN TEBAK GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS IV TERHADAP KARIES GIGI DI SD NEGERI 01, 02, DAN 03 BANDENGAN KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010
Diah Ratna Fitriastutik , 6450405195 (2010) EFEKTIVITAS BOOKLET DAN PERMAINAN TEBAK GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS IV TERHADAP KARIES GIGI DI SD NEGERI 01, 02, DAN 03 BANDENGAN KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS BOOKLET DAN PERMAINAN TEBAK GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS IV TERHADAP KARIES GIGI DI SD NEGERI 01, 02, DAN 03 BANDENGAN KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2009/2010)
- Published Version
Download (550kB) | Preview |
Abstract
Prevalensi karies gigi di Indonesia mencapai 80% dari jumlah penduduk dan 70% anak usia 10 tahun pernah mengalami karies gigi. Hal ini karena kurangnya pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dan mulut. Penyuluhan merupakan salah satu usaha promotif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap karies gigi dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah media booklet dan permainan tebak gambar efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap karies gigi pada siswa kelas IV SD Negeri 01, 02, dan 03 Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara tahun ajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyuluhan kesehatan dengan media booklet dan permainan tebak gambar dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang karies gigi pada siswa kelas IV SD Negeri 01, 02, dan 03 Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan pretest-postest control group desain. Populasi berjumlah 102 responden. Sampel berjumlah 90 siswa diperoleh dengan teknik quota sampling. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 2 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol masing-masing berjumlah 30 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan booklet. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat. Dari hasil uji t tidak berpasangan terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yaitu antara kelompok I dan kontrol (p=0,004) dan antara kelompok II dan kontrol (p=0,046), sedangkan antara kelompok I dan II tidak terdapat perbedaan (p=0,291). Hasil analisis dengan uji mann whitney terdapat perbedaan peningkatan sikap yaitu antara kelompok I dan kontrol (p=0,046) dan antara kelompok II dan kontrol (p=0,001). Namun antara kelompok I dan II tidak terdapat perbedaan (p=0,123). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media booklet lebih efektif daripada permainan tebak gambar dalam meningkatkan pengetahuan, dan permainan tebak gambar lebih efektif daripada media booklet dalam meningkatkan sikap tentang karies gigi. Oleh karena itu disarankan pada pihak sekolah agar menggunakna media booklet maupun media permainan kepada para siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap masalah kesehatan, khususnya karies gigi. Untuk pihak puskesmas agar lebih meningkatkan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi, khususnya karies gigi terhadap anak sekolah dasar yang selama ini hanya dilakukan satu tahun sekali. ------------------------------------------------------> Prevalence of tooth caries in Indonesia achieved 80% from resident population and 70% children 10 year ages ever undergo tooth caries. It because child deficient knowledge about tooth and mouth health. Elucidation constitute is one of the promotive effort to increase knowledge and attitude to tooth caries and the method which often used that is discourse method. The problem of this research is what booklet media and picture guess play effective within increase knowledge and attitude to tooth caries to fourth grade in 01, 02, and 03 Elementary School Bandengan, Subdistrict Jepara, District Jepara in 2009/2010. This aims research is to know effectiveness of health elucidation with booklet media and picture guess play with increasing knowledge and attitude about tooth caries to fourth grade class in 01, 02, and 03 Elementary School Bandengan, Subdistrict Jepara, District Jepara in the academic year 2009/2010. This research is one of quasi-experimental with pretest-post test control group design approach. Population as many as 102 respondent. Sample as many as 90 student obtained with quota sampling technique. Sample divided became 3 group which involve 2 group experiment and 1 control group each as many as 30 respondent. Instrument that used is questioner and booklet. Data analysis that used is univariat and bivariat use anova test. From uncounterpart t-test result obtained difference in escalation knowledge that is between first group (booklet) and control group (p = 0,004), and between second group (picture guess play) and control group (p=0,046), meanwhile between first and second group there are no difference be found (p=0,291). Result of analysis with mann whitney test there is difference of attitude escalation that is between first group and control group (p=0.046), and between second group and control group (p=0.001). Nevertheless between first and second group there is no difference (p=0.123). From this result can conclude that booklet media more effective than picture guess play within increase knowledge about tooth caries, and picture guess play more effective than booklet media within increase attitude compared with group which make use of discourse. Ergo, suggestion to school side in order that use booklet media and picture guess play to students within increase knowledge and attitude to problem health, especially tooth caries. For Puskesmas side in order that more increase elucidation activity tooth health, especially tooth caries toward student of elementary school which this during only done once in a year.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Sikap, Tebak Gambar, Karies Gigi Knowledge, Attitude, Booklet, Picture Guess, Tooth Caries. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 08:17 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2970 |
Actions (login required)
View Item |