PENGEMBANGAN VARIASI PERMAINAN BAHASA DALAM KEGIATAN APERSEPSI UNTUK KELAS X DENGAN TEMA LA VIE SCOLAIRE
Ayu Rizky Lestariningtyas , 2301410037 (2016) PENGEMBANGAN VARIASI PERMAINAN BAHASA DALAM KEGIATAN APERSEPSI UNTUK KELAS X DENGAN TEMA LA VIE SCOLAIRE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (555kB) | Preview |
Abstract
Dalam setiap pembelajaran di dalam kelas seorang guru biasa dengan tahapan-tahapan yang umum dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Dalam pembukaan pembelajaran biasanya seorang guru melakukan apersepsi, yaitu mengulang materi pelajaran sebelumnya yang sudah diajarkan, agar setiap siswa mengingat kembali apa-apa yang sudah diajarkan. Selama ini jarang ditemukan di dalam proses pembelajaran pada kegiatan apersepsi yang menggunakan variasi permainan sehingga menciptakan suasana yang lebih menarik, dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Prancis. Oleh karena itu, peneliti membuat variasi permainan bahasa Prancis yang bertujuan untuk meingkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Prancis. .Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2010: 407), terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah desain produk berupa buku panduan variasi variasi permainan bahasa dalam kegiatan apersepsi untuk kelas X dengan tema la vie scolaire. Tema tersebut sesuai dengan tema kelas X yang diambil dari silabus kurukulum 2013 bahasa Prancis SMA. Di dalam buku ini terdapat 6 (enam) variasi permainan bahasa, yaitu 1) Pendu, 2) Les mots croises, 3) Les mots mêlés, 4) Bonne Réponse 5) Tebak Gaya, dan6) Lempar Tangkap.Kemudian pada tahap akhir, rancangan tersebut dikonsultasikan pada ahli bahasa Prancis untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran ahli, rancangan ini divalidasi oleh ahli dan dapat digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apersepsi, la vie scolaire, pembelajaran, permainan bahasa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 11:36 |
Last Modified: | 02 Feb 2018 11:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29676 |
Actions (login required)
View Item |