KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF
Diwinda Okta Puspitarini , 1102413098 (2017) KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (606kB) | Preview |
Abstract
Guru memerlukan kompetensi sesuai dengan tuntutan layanan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif, selain itu guru juga harus dapat memahami dan mengimplementasikan kurikulum adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum adaptif di sekolah inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru di SD Isriati Baiturrahman I Semarang sudah baik. Guru dapat memilih dan mengembangkan meteri yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Guru juga mampu melihat potensi peserta didik dan membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya; (2) Guru menunjukkan kompetensi kepribadian seperti dalam Standar Nasional Pendidikan pasal 28 ayat 3, yaitu kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Kompetensi kepribadian tersebut tercermin dalam keseharian guru dan didukung dengan slogan sekolah yang mencerminkan kepribadian guru; (3) Secara umum, kompetensi sosial yang dimiliki guru SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang sudah baik. Sebagai guru sekolah inklusif, guru memiliki kepekaan sosial dan toleransi yang tinggi terhadap keragaman peserta didik. Komunikasi guru dengan peserta didik, rekan sejawat, dan orang tua peserta didik terjalin dengan baik; (4) Guru di SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang memiliki kompetensi profesional yang baik. Guru memiliki kemampuan penguasaan materi pelajaran dan mampu membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan. Sebagai seorang profesional, guru sudah mampu merancang kegiatan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil belajar peserta didik. Saran bagi sekolah adalah meningkatkan sarana dan prasarana, merekrut guru luar biasa dan pengembang teknologi pembelajaran, serta mencetak dokumen kurikulum adaptif. Saran bagi guru adalah meningkatkan kompetensi melalui workshop/diklat dan melaksanakan program pembelajaran individual.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan inklusif, kompetensi guru, kurikulum adaptif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > Education System |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 14:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 14:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29644 |
Actions (login required)
View Item |