PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR RAMAYANA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAI PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA


Robert Ardy Susetyo , 2411409049 (2016) PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR RAMAYANA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAI PESAN MORAL BAGI GENERASI MUDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411409049.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (254kB) | Preview

Abstract

Wayang merupakan salah satu warisan luhur peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia. Namun seiring dengan perjalanan waktu minat terhadap wayang itu sendiri perlahan–lahan berkurang karena perkembangan zaman yang penuh dengan teknologi canggih. Cerita wayang memiliki banyak sekali nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah kisah Ramayana. Buku cerita bergambar merupakan salah satu karya seni yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi yang kuat karena dalam buku cerita bergambar terdapat ilustrasi yang berkaitan dengan cerita yang ingin disampaikan yang disertai dengan narasi mengenai cerita tersebut. Selain sebagai media komunikasi, sebuah buku cerita bergambar juga dapat berfungsi sebagai benda koleksi, karena berisi perpaduan antara teks dan ilustrasi yang dipadupadankan secara baik dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip desain. Memviusalisasikan kisah Ramayana ke dalam buku cerita bergambar dapat menjadi sarana untuk mengabadikan dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam kisah Ramayana bagi bagi generasi muda. Tujuan proyek studi ini adalah untuk menghasilkan rancangan (dummy) buku cerita bergambar kisah Ramayana yang berfungsi sebagai media penyampai pesan moral bagi generasi muda. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas Ivory 260 gsm untuk cover dan kertas kertas Fancy Millennium gold 230 gsm untuk isi buku. Teknik berkarya dilakukan mulai dari pembuatan sketsa layout dan ilustrasi yang akan diterapkan dengan menggunakan pensil di atas kertas, selanjutnya mentransfer sketsa tersebut ke dalam komputer dengan scanner. Kemudian dilakukan proses pewarnaan dengan menggunakan software Adobe Photosop CS6 dan selanjutnya dilayout dan memberikan teks narasi. Kemudain dicetak dan dijilid menjadi sebuah buku cerita bergambar. Proses berkarya meliputi: (1) Pencarian Ide, (2) Penetapan Tujuan, (3) Analisis Khalayak Sasaran, (4) Pra Produksi, meliputi perancangan konten buku cerita bergambar, penggambaran karakter, pembuatan storyboard (5) Produksi, meliputi pembuatan sketsa, proses pewarnaan, layout dan pemberian teks, konsultasi karya, print out dan finishing (6) Pasca Produksi. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsipprinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah sebuah buku cerita bergambar tentang kisah Ramayana dengan ukuran 22 cm x 29,7 cm, buku terdiri atas 2 halaman cover, 1 halaman pembuka, 1 halaman prolog, 3 halaman pengenalan karakter, 1 halaman profil dan 23 halaman sequence. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan realistis. Karya proyek studi ini sudah menghasilkan sebuah rancangan (dummy) buku cerita bergambar Mahakisah Ramayana dan menyampaikan pesan moral yang terdapat dalam kisah Ramayana bagi generasi muda. Buku cerita ini diharapkan dapat menarik minat genarasi muda untuk mempelajari lebih dalam mengenai kisah Ramayana. Buku ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dalam bentuk buku cerita dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif serta bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Cerita, Ramayana, Ilustrasi, Generasi Muda
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 31 Jan 2018 13:13
Last Modified: 31 Jan 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29585

Actions (login required)

View Item View Item