PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SELF EFFICACY DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2014 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Arief Bayu Adhi , 7101411173 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SELF EFFICACY DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI ANGKATAN 2014 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Minat menjadi guru merupakan perasaan suka, tertarik atau perhatian seseorang terhadap profesi guru. Minat dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu intrinsik maupun ekstrinsik. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minat mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Unnes untuk menjadi guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga, self efficacy, dan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen terhadap minat menjadi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Unnes secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi (akuntansi) angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Unnes sebanyak 172 mahasiswa. Penetuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan didapat 121 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan melihat proporsi tiap kelas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga, self efficacy, persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen, sedangkan variabel terikatnya adalah minat menjadi guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil perhitungan secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga, selfefficacy dan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dn dosen terhadap minat menjadi guru sebesar 68,6%, sedangkan sisanya 31,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat mahasiswa menjadi guru sebesar 23,4%, self efficacy terhadap minat mahasiswa menjadi guru 19,18% dan pengaruh perspsi mhasiswa tentang undang-undang guru dan dosen terhadap minat menjadi guru 15,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara lingkungan keluarga, self efficacy, dan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah diharapkan dosen mampu memberikan gambaran bahwa profesi guru menyenangkan dan mahasiswa sendiri juga dapat meningkatkan self efficacy yang ada dalam dirinya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Persepsi Mahasiswa Tentang Undang-undang Guru dan Dosen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 13:50 |
Last Modified: | 15 May 2019 13:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29561 |
Actions (login required)
View Item |