EVALUASI PENGGUNAAN VIDEO MATERI HAJI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KUDUS


Muhammad Yusuf Anis , 1102411047 (2017) EVALUASI PENGGUNAAN VIDEO MATERI HAJI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang evaluasi penggunaan media video materi haji sebagai media pembelajaran pada kelas 8 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus. Media video yang sering digunakan oleh guru bukanlah media video yang khusus dirancang dan diproduksi untuk sebuah pembelajaran dikelas, namun media tersebut merupakan unduhan dari situs berbagi video gratis yaitu Youtube. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran perencanaan, proses dan respon penggunaan media video dengan materi haji sebagai media pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation research) dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kudus jumlah populasi 60 siswa. Sumber data utama diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisoner/angket, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian penggunaan media video materi haji sebagai media pembelajaran menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) persentase hasil evaluasi terhadap perencanaan penggunaan media video dengan materi Haji sebagai media pembelajaran dilihat dari evaluasi context diperolah hasil rata-rata penilaian guru 72% dan penilaian siswa 71% yang termasuk kategori cukup baik dan dalam evaluasi input masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata dari guru 77% dan siswa 76%. (2) persentase evaluasi proses penggunaan media video dengan materi Haji sebagai media pembelajaran dilihat dari evaluasi proses menunjukan hasil baik dengan rata-rata penilaian guru 81% dan siswa 81%. (3) persentase evaluasi respon penggunaan media video dengan materi Haji sebagai media pembelajaran dilihat dari evaluasi product menunjukkan hasil rata-rata penilaian guru 88% dan siswa 83% yang termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan secara keseluruhan penggunaan media video materi haji sebagai media pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata persentase penilaian guru 79,50% dan siswa 77,75%. Sebagai bahan perbaikan dalam penggunaan media video materi haji sebagai media pembelajaran selanjutnya, direkomendasikan untuk modifikasi media video dengan menambahkan kelengkapan media video dan menyerahkan pembuatan media video dapat diserahka pada sebuah tim ahli media yang agar dapat menghasilkan media yang lebih baik secara isi maupun fisik media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Media Video Materi Haji, Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 16:03
Last Modified: 29 Jan 2018 16:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item