PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA
Prasetyo Yuli Kurniawan, 0202513005 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Masters thesis, Uniersitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (581kB) | Preview |
Abstract
Buku dapat dikatakan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Jika tidak ada buku, maka proses pembelajaran tidak akan efektif dan tidak akan tercapai tujuan yang diharapkan. Namun permasalahan saat ini masih kurangnya buku pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Selain itu, materi yang disajikan kurang mendalam sehingga pengetahuan peserta didik akan miskin. Oleh karena itu, perlu adanya buku yang menunjang kegiatan pembelajaran. Buku pengayaan merupakan salah satu penunjang buku teks dalam memperkaya materi tertentu. Berdasarkan permasalahan itulah dikembangkan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan. Muatan nilai kewirausahaan dipilih karena melatih peserta didik sebagai generasi yang mandiri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Selain itu peserta didik juga dikenalkan dan diberi kesadaran tentang dunia wirausaha dan diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut: (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA menurut persepsi guru dan peserta didik; (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA (3) bagaimanakah hasil uji keefektifan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA. Adapun tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsi kebutuhan pengembangan buku menurut persepsi guru dan peserta didik (2) menyusun prinsip-prinsip buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA (3) Menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Reseach and Development) dengan langkah penelitian yaitu (1) tahap I (studi pendahuluan dan awal pengembangan, (2) tahap II (pengembangan), (3) Tahap III (Pengujian dan Validasi). Data dalam penelitian ini meliputi data kebutuhan pengembangan buku iv menurut persepsi guru dan peserta didik, data hasil penilaian ahli, dan data uji coba terbatas berupa skor. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan buku pengayaan menurut persepsi peserta didik dan guru, yaitu dibutuhkan buku pengayaan dari segi materi harus memperhatikan keluasan, kedalaman, dan keakuratan materi menulis teks prosedur kompleks serta dimuatkan nilai-nilai kewirausahaan; dari segi penyajian harus memuat jabaran komponen-komponen isi buku, penyajian materi dari yang mudah ke materi yang rumit, dan memperhatikan urutan penyajian materi; dari segi kebahasaan, meliputi bahasa yang sederhana, mudah dimengerti dan komunikatif; dan dari segi kegrafikaan, harus memperhatikan sampul buku yang menarik sesuai bidang kewirausahaan dan tema didalam buku, penataan gambar dan tulisan yang baik, serta memperhatikan format buku yang ideal, (2) draf buku pengayaan meliputi sampul buku pengayaan, bentuk buku pengayaan, materi atau isi, dan penyajian materi buku yang disusun berdasarkan prinsip penyusunan draf buku pengayaan. (3) hasil uji keefektifan buku pengayaan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai-nilai kewirausahaan menyatakan buku ini efektif dengan bukti uji t yang menyatakan adanya perbedaan signifikan hasil postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tabel independent test diperoleh t hitung=6,214 (SMA Negeri 3 Pemalang) dan 4,732 (MAN Pemalang), sedangkan t tabel= 2,00. Dilihat dari nilai tersebut, artinya t hitung > t tabel baik dari SMA Negeri 3 Pemalang maupun MAN Pemalang. Dengan tingkat kepercayaan 95% atau α=5% berarti ada pengaruh antara variabel bebas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan untuk peserta didik SMA/MA dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks baik di SMA dan MA sehingga buku pengayaan tersebut efektif dan dapat diterima. Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru sebaiknya menggunakan buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks yang bermuatan nilai kewirausahaan sebagai pilihan bahan ajar untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi menulis teks prosedur kompleks; (2) peserta didik seyogyanya menggunakan buku pengayaan sebagai sumber bacaan selain buku teks untuk belajar lebih dalam mengenai kemampuan menulis teks prosedur kompleks; (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan tentang buku pengayaan menulis teks prosedur kompleks agar diperoleh masukan yang lebih luas lagi sehingga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas produk agar menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 13:15 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29481 |
Actions (login required)
View Item |