PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN SIMANJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANYUMAS
Muji Lestari, 2601412050 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN SIMANJA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF JAWA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (233kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran materi huruf Jawa kurang menarik bagi sebagian besar siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa beranggapan bahwa materi huruf Jawa mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan buku pengayaan yang dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca dan menulis huruf Jawa. Buku pengayaan tersebut dibuat berbasis budaya lokal. Dengan demikian, buku pengayaan tersebut juga dapat digunakan sebagai upaya melestarikan budaya lokal. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan peserta didik dan guru terhadap prototipe buku pengayaan, (2) bagaimana pengembangan prototipe buku pengayaan, dan (3) bagaimana validasi prototipe buku pengayaan. Tujuan penelitian ini yakni mengembangkan prototipe buku pengayaan Simanja berbasis budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research And Development (R&D). Tahapan penelitian ini antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan perbaikan desain. Sumber data dalam penelitian ini yakni guru, peserta didik, dan uji ahli. Teknik pengumpulan data wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah buku pengayaan dengan judul Simanja (Sinau Maca Nulis Jawa) yang berisi cara membaca dan menulis huruf Jawa bagi siswa kelas V SD di Kabupaten Banyumas. Buku pengayaan tersebut terdiri dari tiga bab, yakni bab pertama menyebutkan 20 huruf Jawa nglegena. Bab dua menerangkan sandhangan huruf Jawa. Bab ketiga menjelaskan cara membaca dan menulis huruf Jawa menggunakan pasangan. Uji ahli menyimpulkan bahwa pengembangan buku pengayaan Simanja sudah layak digunakan. Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbang pemikiran yakni buku tersebut dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru guna menguji keefektifan penggunaan buku pengayaan Simanja serta perlu melakukan penelitian lanjutan mengenai buku pengayaan berbasis budaya Banyumas secara lebih rinci.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Pengayaan, Simanja, Membaca Huruf Jawa, Menulis Huruf Jawa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 12:19 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 12:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29437 |
Actions (login required)
View Item |