EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG


Uswatun Khasanah, 2303411050 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411050.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (531kB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya dalam pembelajaran bahasa Arab ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun pada kenyataannya siswa masih mengalami banyak kesukaran dalam keterampilan tersebut. Penelitian ini mengkhususkan pada kesukaran keterampilan membaca bahasa Arab. Penyebab kesukaran siswa dalam keterampilan membaca bahasa Arab antara lain karena mayoritas siswa berasal dari lulusan Sekolah Dasar dan karena media yang diterapkan oleh guru tidak menarik perhatian siswa, sehingga terkesan membosankan. Dengan demikian, perlu adanya alternatif media untuk mengekspresikan diri dan kerjasama dengan temannya, salah satunya yaitu dengan media scramble. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media scramble efektif untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media scramble efektif atau tidak untuk peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi pretes dan postes hanya kelas eksperimen yang diberikan perlakuan media scramble. Data dihitung menggunakan uji validitas instrumen, reliabilitas instrument, uji normalitas dan uji t untuk membuktikan hipotesis peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab dengan memanfaatkan media scramble. Nilai rata-rata kelas ekperimen 47,34 menjadi 83,14 dan niai rata-rata kelas kontrol 46,25 menjadi 61,31 dan diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Membaca, Media
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:48
Last Modified: 23 Jan 2018 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item