PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN UNGARAN BARAT


Nur Aisyah , 2303411034 (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411034.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar bagi siswa dalam mempelajari suatu pelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Arab. Namun, minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab masih sangat kurang. Salah satu sebab kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab terletak pada buku pelajaran. Buku pelajaran yang monoton, tidak berwarna, kosa kata yang tidak bergambar, bacaan dan evaluasi yang banyak membuat anak enggan untuk sekedar membuka apalagi membacanya. Untuk itu, perlu dikembangkan sebuah buku ajar yang dapat menarik perhatian siswa sehingga memotivasi siswa untuk belajar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan buku ajar bahasa Arab, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe buku ajar bahasa Arab, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk buku ajar bahasa Arab, dan (4) mengetahui efektifitas buku ajar bahasa Arab untuk keterampilan berbahasa dengan kelas uji coba adalah kelas V MI Lerep Ungaran. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Tahap penelitian ini yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba produk awal. Hasil penelitian ini adalah: 1) guru dan siswa menghendaki buku ajar bahasa Arab yang inovatif, kreatif dan menyenangkan, 2) prototipe buku ajar bahasa Arab berupa buku yang di dalamnya memuat materi pelajaran siswa kelas V MI semester 1, evaluasi yang cukup, dan permainan pembelajaran untuk siswa, 3) penilaian para ahli dan dosen pembimbing terhadap buku ajar Mari Belajar Bahasa Arab memperoleh rata-rata nilai dengan kategori baik pada setiap aspek, 4) berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil uji hipotesis pihak kanan setelah siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 9.212 untuk menyimak, 11.481 untuk berbicara, 14.794 untuk membaca nyaring, 10.833 untuk membaca pemahaman, 13.872 untuk menulis dan hasil penilaian siswa melalui angket menunjukkan t hitung 18.98. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1.734 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Ajar, Keterampilan Berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 23 Jan 2018 13:35
Last Modified: 23 Jan 2018 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item