PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI BATIK TULIS SEKAR PURWODADI
Sutarning, 2411411043 (2016) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI BATIK TULIS SEKAR PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Updated Version
Download (291kB) | Preview |
Abstract
Identitas perusahaan merupakan salah satu desain komunikasi visual yang difungsikan sebagai penanda sebuah perusahaan. “Batik Tulis Sekar” Purwodadi termasuk dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual batik tulis berbagai jenis motif, antara lain : jagung, padi, daun sirih, burung merak dan masih banyak lainnya. Semakin banyaknya UMKM yang telah berkembang di Indonesia menyebabkan makin tajamnya persaingan dan sebagai suatu usaha yang sedang berkembang, “Batik Tulis Sekar” membutuhkan suatu rancangan identitas visual yang nantinya akan diaplikasikan pada media promosi. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan identitas visual untuk diaplikasikan pada media promosi “Batik Tulis Sekar” antara lain : kemasan, seragam karyawan, stationary, merchandise. Proses perancangan identitas visual ini melalui tahap berkarya dengan urutan penetapan tujuan karya, analisis khalayak sasaran, studi kepustakaan, observasi, persiapan memotret, perancangan sketsa alternative desain, layout, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, pencetakan, serta penyajian karya desain. Pemilihan media dalam perancangan identitas perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan anggaran biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Konsep perancangan identitas visual dan aplikasinya pada media Batik Tulis Sekar adalah simpel dan menarik sesuai dengan citra perusahaan yang ingin ditampilkan. Berdasarkan hal tersebut, maka media yang dipilih dalam perancangan ini adalah kemasan, seragam karyawan, stationary, merchandise. Melalui proyek studi ini telah dihasilkan rancangan identitas visual dan aplikasinya pada media promosi bagi Batik Tulis Sekar berupa kemasan, seragam karyawan, stationary, dan merchandise untuk digunakan sebagai media dalam upaya menampilkan citra perusahaan yang sedang dibangun kepada masyarakat. Diharapkan hal ini akan memberikan dampak positif dengan meluasnya segmentasi pasar, perusahaan semakin dikenal masyarakat, dan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Identitas Visual, Media Promosi, Batik Tulis, Logo |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 12:55 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 12:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29356 |
Actions (login required)
View Item |