PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUKMENAMBAH KOSAKATA BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI KOTA SEMARANG


Dinul Afwah Agustiyani , 2601409023 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUKMENAMBAH KOSAKATA BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601409023.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar agar dapat menguasai empat kompetensi dasar dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan metode serta media yang menarik untuk memelajarinya. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses belajar mengajar bahasa Jawa. Salah satu bentuk media yang menarik untuk dikembangkan adalah media teka-teki silang. Media ini dikembangkan berdasarkan hasil observasi awal di SD N Srondol Wetan 02 dan SD N Srondol Wetan 06. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media permainan teka-teki silang bergambar sebagai media pembelajaran pengenalan kosakata bahasa Jawa siswa sekolah dasar, (2) bagaimanakah pengembangan permainan teka-teki silang bergambar sebagai media pembelajaran pengenalan kosakata bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development (penelitian dan pengembangan), yang artinya penelitian bertujuan menghasilkan produk tertentu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, berupa media permainan teka-teki silang bergambar berbasis flash. Data dalam penelitian ini dipeoleh melalui data kebutuhan siswa dan guru, yang diperoleh melalui angket kebutuhan; data penilaian media teka-teki silang bergambar melalui angket validasi. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran permainan teka-teki silang bergambar berbasis flash untuk siswa kelas 5 SD. Pengembangan media tersbut kemudian diujikan kepada ahli. Kemudian dilakukan revisi atau perbaikan terhadap prototipe media. Perbaikan tersebut diantaranya yaitu: (1) aspek kebahasaan, (2) aspek sound, (3) perbaikan tampilan media. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 85,93% diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 67,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran secara umum sudah memenuhi kriteria valid sehingga layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) perlu adanya pengembangan lebih lanjut terhadap media teka-teki silang bergambar, terutama pada materi yang bersifat kejawaan. (2) diperlukan penelitian lanjutan dengan mengunakan media pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, teka-teki silang bergambar, kosakata
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:42
Last Modified: 19 Jan 2018 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item