TUGAS AKHIR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RESTORAN “DAPUR SAPI SEMARANG”


Wisnu Kismoro , 2511311011 (2015) TUGAS AKHIR PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RESTORAN “DAPUR SAPI SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2511311011.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (720kB) | Preview

Abstract

Karena perkembangannya Kota Semarang menjadi salah satu kota yang menyandang gelar metropolitan, sehingga kota ini menjadi salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Dalam wilayah kota besar tentu bisnis kuliner menjadi hal yang sangat menjanjikan mengingat penduduk kota yang cenderung konsumtif dalam segala hal khususnya makanan. Dapur Sapi adalah salah satu restoran baru yang ada di Kota Semarang, sehingga untuk mencapai target pasar dibutuhkan komunikasi kepada massa, yaitu melalui promosi. Tujuan pembuatan Tugas Akhir ini adalah menghasilkan rancangan media promosi dengan client restoran Dapur Sapi berupa Poster, Brosur, Selebaran, XBanner, Billboard, dan Merchandise, yang komunikatif dengan target audience masyarakat wilayah Kota Semarang, dengan tujuan menkomunikasikan keberadaan restoran Dapur Sapi di wilayah Kota Semarang yang kemudian juga memberi pengaruh positif kepada kepada masyarakat Kota Semarang sebagai. Proses penciptaan karya meliputi: (1) Proses preliminary yaitu meliputi proses menemukan ide, proses bimbingan karya, penetapan tujuan karya, analisis target audience, studi pustaka, reduksi pemilihan data, dan penentuan konsep (2) Tahap praproduksi meliputi perancangan media promosi, dan perancangan sketsa media promosi (3) Tahap produksi meliputi perancangan hingga pencetakan poster, brosur, selebaran, x-banner, billboard, dan merchandise, serta (4) Tahap pasca produksi meliputi bimbingan, persiapan pameran dan pameran. Tugas akhir telah menghasilkan rancangan media promosi berupa poster, brosur, selebaran, x-banner, billboard, marchendise, yang menggunakan jenis font eucrosia UPC sebagai font mendominasi dalam perancangan ini dengan gambar berbasis bitmap sebagai salah satu unsur yang dikomunikasikan. Beberapa media yang telah dirancang seperti poster, brosur, selebaran, x-banner, billboard terdapat foto produk iga, dan pruduk lainnya yang dijual dengan maksud menkomunikasikan varian produk dan produk andalan yang ada di restoran Dapur Sapi semarang. Sasaran audience dalam perancangan media promosi ini adalah masyarakat Kota Semarang dengan tingkat ekonomi menengah keatas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perancangan Media Promosi Restoran Dapur Sapi Semarang.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:19
Last Modified: 19 Jan 2018 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29320

Actions (login required)

View Item View Item