PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI PERUSAHAAN BATIK TULIS MAWAR LASEM


Muhammad Rizal Bahri , 2511311001 (2016) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI PERUSAHAAN BATIK TULIS MAWAR LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2511311001.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Batik Tulis Mawar Lasem merupakan sebuah usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang tekstil dalam pembuatan batik tulis. Semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang yang sama menjadikan semakin ketatnya persaingan antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Batik Tulis Mawar Lasem membutuhkan identitas perusahaan agar perusahaan Batik Tulis Mawar Lasem dapat lebih mudah dikenal masyarakat serta bersaing dengan usaha – usaha yang bergerak di bidang yang sama yang semakin banyak bermunculan. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan identitas perusahaaan Batik Tulis Mawar Lasem yaitu logo yang diaplikasikan pada media promosi yang berupa merchandise, katalog produk, stationary, goddie bag, poster, dan X banner. Identitas visual merupakan salah satu aspek desain komunikasi visual yang berfungsi sebagai sebuah identitas perusahaan. Perancangan identitas visual dipilih karena dirasa tepat dalam proses membangun sebuah identitas bagi perusahaaan Batik Tulis Mawar Lasem karena perusahaan Batik Tulis Mawar Lasem belum mempunyai idenitas visual yang mudah dikenal masyarakat. Proses perancangan identitas visual ini melalui tahap berkarya dengan urutan penentuan tujuan, observasi, analisis khalayak sasaran, pengembangan konsep, studi pustaka, proses pemotretan, sket alternatif desain, komputerisasi. Dalam pembuatan karya identitas visual ini dihasilkan beberapa karya yang berupa logo merchandise, stationary set, Goodie bag, katalog produk, poster, X banner. Perancangan seluruh karya ini memperhatikan berbagai unsur dan prinsip desain seperti garis, warna, keseimbangan, kesatuan dan lainnya sehingga dapat tercipta sebuah desain yang estetis. Konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, percetakan serta penyajian karya desain. Dengan dirancangnya identitas visual perusahaan Batik Tulis Mawar yang diterapkan pada berbagai media yang mendukung untuk meningkatkan citra perusahaan, diharapkan hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan Batik Tulis mawar Lasem dalam menjalankan usahanya serta dapat digunakan sebagai referensi oleh berbagai pihak dalam mengembangkan usaha dalam bidang tekstil khususnya dalam usaha pembuatan batik tulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Identitas Visual, Batik Tulis Mawar Lasem
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Jan 2018 12:11
Last Modified: 19 Jan 2018 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29318

Actions (login required)

View Item View Item