PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS 2 SD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG


Andianti Selviana Pratiwi, 1401412236 (2016) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS 2 SD ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412236.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (340kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran menyimak di kelas 2 SD Islam Hidayatullah kurang optimal. Saat pembelajaran menyimak sebagian besar siswa nampak bosan, kurang antusias dan tidak memperhatikan guru sehingga seringkali siswa tidak memahami pesan yang disampaikan. Diduga hal ini terjadi karena pembelajaran kurang menarik, guru menerapkan pembelajaran langsung tanpa didukung model pembelajaran sebagai penunjang. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Quantum Teaching berbantuan media audio berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa kelas 2 SD Islam Hidayatullah Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantuan media audio terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa kelas 2 SD Islam Hidayatullah Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas 2 SD Islam Hidayatullah yang berjumlah 141 siswa, dengan sampel 70 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, data dokumen serta tes tertulis dan unjuk kerja yang sebelumnya telah diuji cobakan dan telah dihitung validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya.pengujian hipotesis menggunakan uji gain ternormalisasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) harga thitung tes tertulis 2,038 dan tes unjuk kerja 2,208 lebih besar dari ttabel yaitu 1,995, sehingga dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen, (2) nilai gain score kelas eksperimen sebesar 0,33 untuk tes tertulis dan 0,30 untuk tes unjuk kerja lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,10 untuk tes tertulis dan 0,18 untuk tes unjuk kerja, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak. Peningkatan keterampilan menyimak pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol membuktikan bahwa Quantum Teaching berbantuan media audio berpengaruh positif terhadap keterampilan menyimak dongeng. Pengaruh positif model Quantum Teaching berbantuan media audio diharapkan menjadi pertimbangan guru untuk menerapkannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan menjadikan model Quantum Teaching sebagai model inovatif untuk menciptakan pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyimak dongeng; pengaruh; quantum teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 17:57
Last Modified: 18 Jan 2018 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item