KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR IMAJINATIF KELAS III SD NEGERI JEMBAYAT 04 KABUPATEN TEGAL
Orkama Dwi Septiandri , 1401412232 (2016) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR IMAJINATIF KELAS III SD NEGERI JEMBAYAT 04 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (566kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan menggambar merupakan kegiatan awal dari anak dalam berkarya seni rupa. Salah satu tujuan pendidikan seni rupa yaitu Tujuan pendidikan seni yaitu untuk menciptakan rasa keindahan dan kemampuan mengolah dan menghargai seni dan untuk membina anak-anak tidak menjadi seniman melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Pembelajaran menggambar selama ini masih menerapkan metode konvensional, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran seni rupa relatif rendah. Metode Ekspresi Bebas dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Metode Ekspresi Bebas adalah metode dimana siswa diberi keleluasaan untuk mengekspresikan perasaannya ke dalam penciptaan karya seni. Metode ini dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa dan mengingat tahap perkembangan menggambar seni rupa siswa kelas 1 sampai kelas III ditandai dengan kuatnya daya fantasi-imajinasi. Pada tahap ini imajinasi siswa mulai berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap aktivitas dan hasil belajar SBK siswa kelas III SD Negeri Jembayat 04 Kabupaten Tegal pada materi Menggambar Imajinatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas III pararel di SD Negeri Jembayat yang terdiri dari kelas III A berjumlah 24 siswa dan kelas III B berjumlah 21 siswa. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Analisis akhir pada penelitian ini menggunakan uji-t dengan independent samples t-test dan uji pihak kanan dengan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar diperoleh 5,371>2,017 (thitung > ttabel) artinya Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Perbedaan hasil belajar diperoleh 3,691>2,017 (thitung > ttabel) artinya Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Selanjutnya hasil uji keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap aktivitas belajar diperoleh 6,860>2,017 (thitung > ttabel) artinya Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap hasil belajar diperoleh 4,753>2,017 (thitung > ttabel) artinya Ho4 ditolak dan Ha4 diterima. Dari hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Ekspresi Bebas lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III materi Menggambar Imajinatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar; Menggambar; Metode Ekspresi Bebas; |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 17:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 17:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29286 |
Actions (login required)
View Item |