KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KABUPATEN SEMARANG


Ghaida Nisa , 1401412217 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS GATOT SUBROTO KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412217.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (866kB) | Preview

Abstract

Hasil Observasi di SD N Gugus Gatot Subroto, bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA kelas IV belum optimal. Diperoleh data mengenai permasalahan dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPA diantaranya: Sistem pembelajaran IPA yang belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran yang inovatif, siswa hanya sebagai objek dalam pembelajaran, siswa hanya mendengar dan menerima materi saja, siswa tidak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, siswa belum berani mengemukakan pendapat di depan kelas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA yang masih rendah. Berbagai variasi gaya belajar siswa juga menjadi salah satu problematika dalam penyampaian pembelajaran IPA. Upaya peningkatan keefektifan pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran SAVI. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model SAVI pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N Gugus Gatot Subroto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N di Gugus Gatot Subroto Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Non-equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Gatot Subroto Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. SD N Pringapus 03 sebagai kelas eksperimen, SD N Pringapus 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian berdasarkan data yang dianalisis menggunakan teknik statistika t-test (uji-t). Berdasarkan taraf signifikan 5% dan dk = 91 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 / 2 < 0,05. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 86,25 dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 74,38 . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif. Terdapat pula hubungan antara hasil belajar siswa dengan aktivitas siswa ditunjukan dengan hasil analisis uji product moment. Jumlah subyek (N) = 44 dengan signifikansi pada tingkat 0,01(1%). Dilihat dari Sig (1-tailed) = 0,00. Sedangkan untuk keeratan hubungan rhit = 0,801 termasuk dalam kategori keeratan hubungan kuat. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dan hasil belajar. Model pembelajaran SAVI efektif digunakan pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Gatot Subroto Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; SAVI; pembelajaran; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 15:32
Last Modified: 18 Jan 2018 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item