PERAN PEMAIN WARIA DALAM GROUP KETOPRAK SEDAP MALAM DI DESA MAGERU KIDUL PLUMBUNGAN KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN


Ria Yuniasih , 2501412109 (2016) PERAN PEMAIN WARIA DALAM GROUP KETOPRAK SEDAP MALAM DI DESA MAGERU KIDUL PLUMBUNGAN KECAMATAN KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412109.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (287kB) | Preview

Abstract

Ketoprak Sedap Malam merupakan Group Kesenian yang ada di Kabupaten Sragen, yang berdiri sejak tahun 2006. Group Ketoprak Sedap Malam merupakan kesenian yang unik dan menarik dikalangan masyarakat Kabupaten Sragen, karena para pemainnya diperankan oleh laki-laki yang yang bertingkah laku dan berpenampilan seperti wanita atau Waria sebagai pemain inti. Group Ketoprak Sedap Malam mengutamakan humornya saat pertunjukan dengan adanya pemain waria didalamnya, dan pemain waria sebagai identitas Group Ketoprak Sedap Malam. Pokok permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana bentuk pertunjukan Group Ketoprak Sedap Malam dan bagaimana peran waria terhadap Kelangsungan Group Ketoprak Sedap Malam. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pertunjukan Group Ketoprak Sedap Malam dan mengetahui dan mendeskripsikan peran waria terhadap pertunjukan Group Ketoprak Sedap Malam. Lokasi penelitian di sanggar Sedap Malam yaitu rumah Ketua sekaligus Pendiri Group Ketoprak Sedap Malam dan Tempat pertunjukan di Desa Batoman Sine Ngawi Jawa Timur. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang terbentuknya Ketoprak Sedap Malam, bentuk pertunjukan Group Ketoprak sedap Malam yang di dalamnya terdapat lakon yang dibawakan, naskah berupa pengarahan secara lisan dalam proses latihan, nama-nama pemain waria, nama pemain pria memerankan tokoh pria, nama pemain pria memerankan tokoh wanita dalam lakon yang dibawakan serta masing masing pemain berdasarkan usia dan pendidikan, alur cerita dalam lakon Ande-ande Lumut, Dialog dan Dialeg beserta bahasa yang digunakan, musik iringan yang digunakan, tata rias dan tata busana, gerak yang dibawakan sebagai akting para pemain, dan Properti apa saja yang digunakan dalam pertunjukan. Peran waria terhadap kelangsungan Ketoprak Sedap Malam dapat dilihat dari keterlibatan para pemain waria dalam group Ketoprak atau dalam kesenian yang lain, upaya dan usaha para waria untuk membuat masyarakat tertarik, tindakan waria agar penonton menyukai pertunjukan Ketoprak Sedap Malam, sehingga peran waria terhadap Kelangsungan Group Ketoprak Sedap Malam menjadi maksimal. Saran dari penelitian ini agar Ketoprak Sedap Malam nemanbah fasilitas di panggung pertunjukan dan meningkatkan kualitas pertunjukan dengan humor yang selalu diperlihatkan. Peran waria supaya lebih giat dalam prose latihan, dapat menciptakan kreatifitas yang unik agar alur cerita lebih menarik dan mengasah kemampuan para pemain untuk berakting, menyanyi dan menari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, Waria, Ketoprak Sedap Malam
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 17 Jan 2018 13:16
Last Modified: 17 Jan 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29221

Actions (login required)

View Item View Item