KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS


Septi Risnawati , 1401412498 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis narasi, siswa masih mengalami kesulitan belajar yaitu sulit menemukan ide atau gagasan yang akan dikembangkan dalam bahasa tulis. Oleh karena itu, guru perlu memiliki sikap kreatif dan inovatif dengan menerapkan media yang lebih menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Video merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi. Penggunaan media video akan membantu merangsang imajinasi siswa dalam menulis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Gumelar Kabupaten Banyumas. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 5 Gumelar Kabupaten Banyumas. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Anggotanya berjumlah 43 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa dari kelas IVA dan 21 orang siswa dari kelas IV B. Variabel bebas penelitian ini yaitu media video sedangkan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara, dokumentasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,066 > 2,021) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,473 > 2,021) dan signifikansi 0,018 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan media video dibandingkan dengan yang menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil uji hiptesis menggunakan rumus uji one sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel(6,390 > 2,086). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel(4,046 > 2,086). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan media video efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:40
Last Modified: 19 Jan 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29219

Actions (login required)

View Item View Item