PEMBELAJARAN PIANO DI NUNGKY MUSIC SCHOOL SEMARANG


Herwan Surya Saputra , 2501412078 (2016) PEMBELAJARAN PIANO DI NUNGKY MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412078.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (208kB) | Preview

Abstract

Pendidikan seni musik merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah. Selain didapat dari pendidikan formal di sekolah, pendidikan seni musik juga didapat dari lembaga pendidikan informal, salah satu contohnya adalah lembaga kursus musik Nungky Music School Semarang dengan piano yang menjadi instrumen paling diminati. Salah satu siswa di lembaga tersebut pernah mendapatkan Gold Prize pada Indonesian Music Celebration tahun 2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran piano sehingga siswa mendapat prestasi yang membanggakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran piano di Nungky Music School Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di Nungky Music School Semarang yang berlokasi di Jalan Tlogosari Raya nomor 64 kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Metode pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran piano di Nungky Music School Semarang menunjukan perencanaan disusun dalam kurikulum yang memuat materi pembelajaran piano grade pre-kids. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kurikulum dan dilakukan dalam beberapa tahap, Tahap tersebut adalah pengenalan, pemberian materi, pemberian tugas, dan evaluasi. Metode yang dipakai adalah metode solfegio, ceramah, demonstrasi, latihan atau drill, dan pemberian tugas. Evaluasi dilaksanakan dua kali dalam satu tahun, aspek penilaiannya adalah bermain sesuai notasi, tempo, ritmis, ekspresi, dan penjarian. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulannya adalah pembelajaran piano di Nungky Music School mengutamakan kemampuan dasar bermain piano pada setiap siswa. Pembelajaran dilaksanakan selama 30 menit dengan metode dan tahapan yang telah ditentukan. Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap tingkatan dan menentukan naik tidaknya siswa ke tingkatan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran, piano, tingkat dasar.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 17 Jan 2018 12:52
Last Modified: 17 Jan 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item