STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALSARI 4 DAN 5 KOTA TEGAL


Dwi Kartika , 1401412165 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALSARI 4 DAN 5 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412165.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (271kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya pembelajaran PKn di SD masih menggunakan model konvensional. Model pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. Sehingga kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Contoh model pembelajaran yang efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn kelas V yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS. Belum diketahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 4 dan 5 Kota Tegal pada materi Menghargai Keputusan Bersama. Penelitian ini merupakan penelitian quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 4 sebagai kelas eksperimen 1, siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 5 sebagai kelas eksperimen 2 serta siswa kelas V SD Negeri Kraton 3 sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 95 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas eksperimen 1, 32 siswa kelas eksperimen 2 serta 30 siswa kelas kontrol. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Manova dengan uji lanjut LSD. Tingkat keefektifan model pembelajaran menggunakan uji One Sample T-Test. Hasil uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 dapat dilihat dari nilai sig < 0,05 (0,013 < 0,05 dan 0,015 < 0,05), maka H0 ditolak. Jadi antara kelas eksperimen 1 berbeda dengan kelas eksperimen 2. Setelah uji perbedaan, dilakukan uji keefektifan di ketiga kelas. Uji keefektifan aktivitas dan hasil belajar di kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,629 > 1,998) dan thitung > ttabel (4,717 > 1,998), maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif dibanding model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD materi Menghargai Keputusan Bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD, TPS, AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 13:26
Last Modified: 18 Jan 2018 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item