KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS MUWARDI TINGKIR KOTA SALATIGA


Dwi Sri Lestari , 1401412137 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS MUWARDI TINGKIR KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (291kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah banyaknya siswa yang belum mencapai KKM pada hasil belajar IPA di SD Negeri Gugus Muwardi Tingkir Kota Salatiga tahun ajaran 2015/2016 dan banyaknya siswa yang kurang dapat menggeneralisasikan catatan yang telah dibuat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) keefektifan model mind mapping; 2) keefektifan model make a match; dan 3) model mind mapping lebih efektif daripada model make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu the nonequivalent control group design dengan populasi siswa kelas V di SD Negeri yang tergabung dalam Gugus Muwardi Tingkir Kota Salatiga tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas V SD Negeri Kutowinangun 05 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Kutowinangun 03 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Liliefors, uji Bartlett, uji kesamaan rata-rata tes awal menggunakan uji t dua pihak, uji hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji z, serta hipotesis 3 menggunakan uji t satu pihak, uji t gain, dan uji t N gain. Hasil yang diperoleh adalah 1) pada kelas eksperimen harga zhitung = 1.962991 dengan ztabel = 1,64. Karena Zhitung > Ztabel, artinya model mind mapping efektif pada hasil belajar IPA; 2) pada kelas kontrol harga zhitung = 1,885618 dengan ztabel = 1,64. Karena Zhitung > Ztabel, artinya model make a match efektif pada hasil belajar IPA; 3) harga thitung = 2,3374 dan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel, artinya model mind mapping lebih efektif dari model make a match. Selain itu didukung oleh uji gain dan N gain. Rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 17,9 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 8,85 (rendah) serta hasil uji t gain dengan thitung 2,1517 > ttabel 1,67. Sedangkan rata-rata N gain pada kelas eksperimen sebesar 0,4063 (sedang) dan kelas kontrol 0,2226 (rendah) serta hasil uji t N gain kelas kontrol sebesar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mind mapping; make a match; hasil belajar IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Jan 2018 17:46
Last Modified: 16 Jan 2018 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29190

Actions (login required)

View Item View Item