KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI GUNUNGPATI SEMARANG


ANISA ROHMAH , 1401412133 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412133.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (472kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Larasati Gunungpati Semarang. Ditemukan beberapa masalah: ada kecenderungan guru telah membentuk kelompok-kelompok diskusi dalam kegiatan belajar tetapi kurang mengetahui model apa yang digunakan, dalam pembelajaran hanya beberapa siswa saja yang aktif bertanya jawab, kurangnya pengawasan dalam aktivitas diskusi, kurangnya kerjasama yang baik antar siswa, dan pemanfaatan media belajar yang kurang optimal. Hal ini menyebabkan masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) keefektifan model TAI, (2) keefektifan model GI, (3) model TAI lebih efektif daripada model GI. Desain penelitian eksperimen ini nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas V SDN Plalangan 04 sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa kelas V SDN Plalangan 01 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Liliefors, uji Barlett, kesamaan rata-rata dengan uji t dua pihak, uji hipotesis 1 dan 2 dengan uji z, hipotesis 3 dengan uji t satu pihak, uji t gain, dan t gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada kelas eksperimen harga

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, hasil belajar, Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 16 Jan 2018 17:45
Last Modified: 16 Jan 2018 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29186

Actions (login required)

View Item View Item