WACAN BOCAH SEBAGAI BUKU PENGAYAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI TEGAL


Dewi Ajeng Asokawati , 2601411114 (2015) WACAN BOCAH SEBAGAI BUKU PENGAYAAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601411114.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Buku cerita anak berbahasa Jawa yang tersedia di kalangan masyarakat Tegal saat ini masih terbatas. Sementara kebutuhan akan buku bacaan anak berbahasa Jawa terlebih buku cerita yang sesuai dengan konteks lingkungan siswa di Tegal sangat besar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengembangkan Wacan Bocah sebagai Buku Pengayaan Pembelajaran Bahasa Jawa Tingkat Sekolah Dasar di Tegal. Berdasarkan uraian tersebut, masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap prototipe Wacan Bocah Tegal, (2) bagaimana draf prototipe Wacan Bocah Tegal, (3) bagaimana validasi prototipe Wacan Bocah Tegal, (4) bagaimana uji coba terbatas prototipe Wacan Bocah Tegal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap prototipe Wacan Bocah Tegal, (2) menyusun draf prototipe Wacan Bocah Tegal, (3) mendeskripsikan hasil validasi prototipe Wacan Bocah Tegal, (4) mengetahui hasil uji coba terbatas prototipe Wacan Bocah Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan secara terbatas. Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk (6) uji coba terbatas. Subjek pada penelitian ini yaitu guru sekolah dasar, siswa sekolah dasar, dan pakar ahli dalam pengembangan buku bacaan yang memiliki kemampuan untuk mengevaluasi buku Wacan Bocah Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket kebutuhan siswa dan guru, angket uji ahli desain dan materi, tes tertulis dan angket tanggapan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku Wacan Bocah Tegal yang berisi sepuluh cerita yaitu Nyuwun Pamit, Mertamu, Nemu Dompet, Nyilih Buku, Nabuh Gamelan, Nonton Wayang, Gladhen Nembang, Ngaturi Undangan, Kepanggih Bu Guru, dan Piket Kelas. Buku bacaan tersebut berisi cerita yang memuat kebudayaan Jawa, unggah-ungguh, dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Setelah buku bacaan disusun, selanjutnya dilakukan evaluasi kepada ahli. Kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran penguji ahli. Perbaikan tersebut di antaranya yaitu: (1) sampul buku, (2) peletakan ilustrasi gambar, (3) jenis font, (4) background gambar, (5) penulisan EYD, (6) penulisan fonem, dan (7) penulisan diksi. Setelah dilakukan perbaikan, tahap selanjutnya yang dilakukan yaitu uji coba terbatasprototipe Wacan Bocah Tegal. Uji coba dilakukan untuk mengetahui (1) perilaku siswa dalam pembelajaran, (2) hasil belajar siswa, (3) tanggapan siswa terhadap prototipe Wacan Bocah Tegal, (4) tanggapan guru terhadap prototipe Wacan Bocah Tegal. Uji coba dilakukan pada 40 siswa kelas V SDN Muarareja 1 dengan hasil sebagai berikut: (1) perilaku siswa selama pembelajaran menunjukkan respon yang positif, (2) rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,8 sementara ketuntasan siswa dalam prosentase mencapai 87%, (3) buku Wacan Bocah Tegal dapat menarik minat siswa dalam membaca karena bahasa yang digunakan dalam buku sama dengan bahasa sehari-hari siswa, (4) guru menyatakan tidak mengalami kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung karena respon siswa terhadap prototipe Wacan Bocah Tegal positif. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu (1) hendaknya ada pengembangan buku bacaan berbahasa Jawa dengan dialek setempat untuk menunjang kelestarian budaya dan bahasa daerah, (2) guru dan siswa dapat memanfaatkan buku Wacan Bocah Tegal ini sebagai buku pengayaan dalam pembelajaran bahasa Jawa tingkat sekolah dasar agar nantinya siswa dapat menerapkan nilai-nilai tata krama dan unggah-ungguh yang sesuai dengan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: wacan bocah, bahasa Jawa, sekolah dasar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Jan 2018 14:35
Last Modified: 16 Jan 2018 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29184

Actions (login required)

View Item View Item