KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POSISI BULAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PROYONANGGAN 01 BATANG
Choirunnisa , 1401412489 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POSISI BULAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PROYONANGGAN 01 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (925kB) | Preview |
Abstract
IPA merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam memahami alam sekitar. IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta atau konsep-konsep saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Oleh karena itu, pembelajaran di sekolah dasar perlu dirancang agar mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses menemukan atau membangun suatu fakta atau konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Namun pada kenyataannya, pembelajaran IPA di sekolah dasar belum mampu mewujudkan hal tersebut. Pembelajaran IPA pada umumnya masih menekankan pada kemampuan hafalan siswa dan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, akibatnya pembelajaran menjadi tidak bermakna. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran IPA yang bermakna adalah dengan menggunakan media, misalnya media video animasi. Video animasi merupakan salah satu jenis media audio visual yang dapat meningkatkan motivasi, namun belum diketahui apakah video animasi efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media video animasi terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA materi Posisi Bulan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Proyonanggan 01 Batang. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Proyonanggan 01 Batang dengan populasi 74 siswa. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, untuk kelas eksperimen sebanyak 38 serta untuk kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product momen untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas, levene’s test untuk uji homogenitas, independent samples t test dan uji t pihak kanan untuk uji hipotesis. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 21. Hasil pengujian diperoleh nilai thitung data aktivitas belajar sebesar 3,703 dan thitung nilai hasil belajar sebesar 2,264. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (3,703 > 1,993 dan 2,264 > 1,993), maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar menggunakan media video animasi dengan media gambar pada mata pelajaran IPA materi Posisi Bulan pada siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 01 Batang. Untuk hipotesis yang kedua (uji keefektifan), menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (5,732 > 2,026 dan 3,143 > 2,026). Jadi dapat disimpulkan bahwa video animasi lebih efektif daripada gambar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Posisi Bulan pada siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 01 Batang. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru untuk menerapkan media video animasi dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, media video animasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 18:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2018 18:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29170 |
Actions (login required)
View Item |