KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD 1 UNDAAN KIDUL KABUPATEN KUDUS
Novianita , 1401412099 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD 1 UNDAAN KIDUL KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (342kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas IV SD 1 Undaan Kidul yang belum efektif mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Belajar yang efektif apabila dapat mencapai tujuan pembelajarannya. Sehingga proses pembelajaran harus menyenangkan, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, dan bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji keefektifan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV SD 1 Undaan Kidul Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain quasi experimental sehingga kelompok kontrolnya tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel penelitian yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 1 Undaan Kidul yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasar hasil uji gain kelompok eksperimen 0,7271 dalam kategori tinggi sedangkan hasil uji gain kelompok kontrol 0,5213 dalam kategori sedang dengan nilaithitung = 5,802 dan ttabel = 1,684, maka dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Undaan Kidul pada pembelajaran IPA menggunakan pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Simpulan penelitian ini ialah pendekatan CTL efektif digunakan pada pelajaran IPA untuk pencapaian hasil belajar yang optimal. Saran bagi guru, keefektifan pendekatan pembelajaran CTL diharapkan menjadi pertimbangan guru kelas IV SD 1 Undaan Kidul untuk menerapkan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA atau mata pelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Pendekatan CTL, hasil belajar IPA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 18:09 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 18:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29144 |
Actions (login required)
View Item |