KEEFEKTIFAN MODEL TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG


Fitriya Rohmah , 1401412094 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (890kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA masih rendah, hal tersebut disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan belum ada tanggung jawab masingmasing individu dalam kerja kelompok. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan model team assisted individualization sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model team assisted individualization lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA materi pembentukan tanah siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA materi pembentukan tanah siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VC SDN Kalibanteng Kidul 01 sebesar 42 siswa (kelas eksperimen) dan kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 sebesar 43 siswa (kelas kontrol). Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi pembentukan tanah. Variabel bebasnya adalah model TAI. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan ujit dan uji N-Gain Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81,02 lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar 64,97. Hasil uji-t menunjukkan thitung > ttabel (6,988928>1,98) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model TAI lebih besar dibandingkan dengan model konvensional. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,62 (sedang), pada kelas kontrol sebesar 0,28 (rendah). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model TAI lebih efektif dibandingkan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model TAI efektif terhadap hasil belajar IPA materi pembentukan tanah pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Saran bagi guru, diharapkan guru mampu mengendalikan siswa saat diskusi. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif berpartisipasi agar pembelajaran lebih bermakna. Bagi sekolah, diharapkan dapat mengambil kebijakan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan model TAI. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan model yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model TAI, hasil belajar, IPA, Pembentukan Tanah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item