KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG


SITI KHOIRUNISYAH , 1401412085 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (591kB) | Preview

Abstract

Guru belum menggunakan model pembelajaran kooperatif. Guru sering menggunakan model pembelajaran Instruksi Langsung (Direct Instruction). Model pembelajaran Instruksi Langsung merupakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan sangat bergantung pada gaya komunikasi guru. Permasalahan tersebut, pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, siswa mudah bosan, menjadi tidak aktif, kurang antusias, kurang termotivasi belajar dan sulit menyerap materi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Group Investigation lebih efektif digunakan daripada model pembelajaran Instruksi Langsung? Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN Gugus Melati Kota Semarang. Jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Kalipancur 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 45 siswa dan kelas V SDN Purwoyoso 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 siswa tahun ajaran 2015/2016. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa mean posttest kelompok eksperimen sebesar 82,18 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 70,11. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (6,458) > ttabel (1,980) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaaran Group Investigation lebih besar dibandingkan model pembelajaran Instruksi Langsung. Simpulannya bahwa model pembelajaran Group Investigation lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Instruksi Langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Group Investigation.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:35
Last Modified: 15 Jan 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item