PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS WERKUDORO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Ade Apriani , 1401412065 (2016) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS WERKUDORO KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (315kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar salah satu patokan sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajar yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa hasil belajar IPS siswa di Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal kurang maksimal karena masih banyak siswa yang mendapatkan nilai ulangan di bawah KKM. Hasil belajar siswa dipengaruhui oleh dua faktor, yaitu faktor internal salah satunya aktivitas belajar siswa dan faktor eksternal salah satunya guru. Dibutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan aktivitas belajar siswa agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pengelolaan kelas dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 yaitu pengelolaan kelas sebagai variabel bebas 1 (X1), aktivitas belajar sebagai variabel bebas 2 (X2), dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 208 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 138 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Uji Prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPS; (2) ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS; (3) ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS; (4) 10% hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas; (5) 13,2% hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar; dan (6) 16,1% hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan aktivitas belajar secara bersama-sama, sedangkan 83,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Diharapkan kepada guru hendaknya selalu berupaya meningkatkan kemampuannya dalam mengelola kelas dan siswa hendaknya berupaya meningkatkan aktivitas belajarnya, sehingga tercipta kondisi kelas yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta hasil belajar siswa dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas; Aktivitas belajar; Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 13:45
Last Modified: 15 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item