STUDI KASUS PENANGANAN ANAK AUTIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN RELIGI DI PESANTREN AL-ACHSANIYYAH DI KABUPATEN KUDUS


ISTIQOMATUL KHUSNA , 1601411044 (2016) STUDI KASUS PENANGANAN ANAK AUTIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN RELIGI DI PESANTREN AL-ACHSANIYYAH DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Anak Autis merupakan seorang individu yang baru lahir sampai usia 8 tahun, anak yang mengalami gangguan autis mengalami hambatan dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan lingkungan , dan sikap serta perilaku yang aneh dan sering diulang-ulang. Pada umumnya gangguan ini akan terlihat saat anak berumur 3 tahunan. Untuk itu sangat penting agar gangguan autis ini dihilangkan melalui pemberian terapi, salah satu tempat terapi untuk anak autis yaitu di Yayasan Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah yang merupakan sebuah tempat terapi berbasis religi bagi anak dan orang dewasa yang mempunyai kebutuhan khusus seperti gangguan autis, cerebral palsy, gangguan motorik, down sindrom, ADHD dan keterlambatan bicara.. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai proses terapi dan keefektifan dari proses terapi yang diberikan oleh Pesantren Al-Achsaniyyah kepada anak yang mengalami gangguan autis. Terapi yang diterapkan pada anak yaitu okupasi, wicara, perilaku, sensori integrasi, aktivitas keseharian, irama musik, fisio terapi, akupuntur dan hypno terapi, diantara terapi-terapi tersebut ada yang dilakukan setiap hari dan dihari tertentu saja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitiannya adalah anak yang mengalami gangguan autis yang berusia 6-8 tahun, sedangkan tempat penelitian dilakukan di Pesantren Al-Achsaniyyah di Kabupaten Kudus. Hasil dari penelitian tentang terapi yang dilakukan oleh anak autis dengan menggunakan metode ABA ini mempunyai keefektifan dalam menghilangkan kebiasaan anak yang tidak sesuai, misalkan kebiasaan anak yang sering menggerakgerakan tangannya tanpa sebab. Serta mempertahankan hasil yang telah dicapai oleh anak serta mengajarkan anak tentang hal baru yang harus dilakukannya, seperti anak yang awalnya melakukan BAB dan BAK di celana diajarkan untuk melakukannya di kamar mandi. Simpulan dari penelitian ini adalah anak yang sudah mendapatkan terapi beberapa kali dari terapis mengalami kemajuan yang baik. Saran dari penelitian ini adalah agar dalam memberikan terapi, terapis lebih sabar, serta kepada lembaga Al-Achsaniyyah agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang digunakan terapis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Autis, Pendekatan Religi, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 09 Jan 2018 18:28
Last Modified: 09 Jan 2018 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item