PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL
Miftahudin Raharjo , 5201406504 (2011) PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL)
- Published Version
Download (911kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan kualitas pembelajaran jika menggunakan multimedia berbasis ulead video studio pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif tentang sistem pengapian konvensional Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat video pembelajaran dan mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa setelah diterapkan video pembelajaran tentang sistem pengapian konvensional pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif pada mahasiswa D3 semester II Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang 2009/2010. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang semu/Quasi Eksperiment Desain dengan pola pre test-post test one group design. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah mahasiswa D3 semester II yang mengambil mata kuliah Kelistrikan Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 30 mahasiswa. Karena penelitian hanya satu kelas maka yang diambil adalah seluruh populasinya. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar tentang sistem pengapian konvensional sebelum dan setelah menggunakan video pembelajaran pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan video pembelajaran (pre test) sebesar 75,16 dan nilai rata-rata setelah menggunakan video pembelajaran (post test) sebesar 88,33. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan video pembelajaran sistem pengapian konvensional telah berjalan dengan baik karena kualitas belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Kelistrikan Otomotif mengalami peningkatan 13,17 % dari sebelum menggunakan pembelajaran multimedia berbasis ulead video studio sistem pengapian konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan multimedia berbasis ulead video studio, sistem pengapian konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2011 02:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2897 |
Actions (login required)
View Item |