PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTs. NAHDLOTUL MUSLIMIN KECAMATAN UNDAAN KIDUL KABUPATEN KUDUS
Ni’matul Kholidah , 4201406036 (2011) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTs. NAHDLOTUL MUSLIMIN KECAMATAN UNDAAN KIDUL KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTs. NAHDLOTUL MUSLIMIN KECAMATAN UNDAAN KIDUL KABUPATEN KUDUS)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Sumber daya mausia yang berkualitas akan terbentuk melalui pendidikan yang baik. Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan orang lain. Begitu pula dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal di Mts. Nahdlotul Muslimin diketahui bahwa selama ini proses pembelajaran yang terjadi jarang menggunakan sistem kelompok belajar. Hal tersebut menyebabkan iklim individualistik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya metode pembelajaran yang menekankan pada kerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meode Learning Together. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E Mts. Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 45 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif, dan afektif mengalami peningkatan. Melalui uji gain pada siklus I dan siklus II didapatkan = 0,43 untuk ranah kognitif dan = 0,33 untuk ranah afektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode learning together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E MTs. Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang direkomendasikan adalah (1) selain sebagai motivator yang memberikan penguatan pada siswa, hendaknya guru berperan sebagai pengontrol yang baik sehingga diskusi bisa terarah dan sesuai alokasi waktu. (2) hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai perpaduan metode learning together dengan metode lain sehingga aspek psikomotorik siswa dapat dinilai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Learning Together, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2011 02:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2896 |
Actions (login required)
View Item |