Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TV-News Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Bahan Kimia Kehidupan


Ai Astuti , 4401412104 (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TV-News Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Bahan Kimia Kehidupan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TV-News Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Bahan Kimia Kehidupan]
Preview
PDF (Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TV-News Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Bahan Kimia Kehidupan) - Published Version
Download (459kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan TV-News menghadapkan siswa pada permasalahan-permasalahan dan fakta-fakta yang erat kaitannya dengan kehidupan siswa mengenai bahan kimia kehidupan. Dalam pembelajaran ini digunakan tahap-tahap pembelajaran mengikuti sintak-sintak PBL yang meliputi 5 tahap yaitu orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TV-News terhadap kemampuan analisis siswa pada materi bahan kimia kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment design. Rancangan penelitian menggunakan pola Pretest-Posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 24 Semarang, sedangkan sampelnya adalah sebagian dari kelas VIII yaitu kelas VIII C. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai Pretest dan Posttest. Hasil Pretest dan Posttest yang diperoleh kemudian di analisis dengan uji t. Dari hasil analisis uji t diperoleh bahwa harga t hitung > harga t tabel yaitu 2.07 > 2.03 maka ada perbedaan signifikan antara hasil pretest dengan posttest. Selain itu kemampuan analisis siswa berada pada kriteria baik dan cukup, dengan persentase baik sebesar 56.25 dan cukup sebesar 43.75. Hal ini didukung dengan aktivitas siswa dan tanggapan guru dan siswa yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan TV-News. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan TV-News dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi bahan kimia kehidupan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, TV-News, kemampuan analisis, bahan kimia kehidupan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 14:06
Last Modified: 05 Jan 2018 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28947

Actions (login required)

View Item View Item