PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA LINTAS MINAT DI SMA
Idha Meiyasa , 4401412092 (2016) PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA LINTAS MINAT DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA LINTAS MINAT DI SMA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada struktur Kurikulum 2013 yang berlaku di SMA/MA terdapat mata pelajaran biologi untuk kelas IPS (biologi lintas minat) dan kelas IPA (biologi peminatan). Namun terdapat perbedaan hasil belajar terutama ranah kognitif antara siswa biologi peminatan dengan biologi lintas minat. Perbedaan tersebut disebabkan karena rendahnya tingkat minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan strategi bioedutainment untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa lintas minat di SMA. Penelitian ini merupakan quasy experimental design dengan pretest-posttest control group design. Populasinya adalah kelas X SMA Negeri 1 Boja Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) dan X IPA 2 (kelas kontrol). Pembelajaran pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan strategi bioedutainment sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa meningkat dari rata-rata skor sebelum diberi perlakuan adalah 85,16 menjadi 98,97 setelah diberi perlakuan. Sementara itu, hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen meningkat sebesar 61%, sedangkan kelas kontrol sebesar 43%. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelompok kontrol dengan thitung<ttabel 0,05. Hasil belajar ranah psikomotorik tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol, yaitu rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 78 dan rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 75. Sama halnya pada hasil belajar ranah afektif, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu rata-rata nilai pada kelas eksperimen 80,63 sedangkan kelas kontrol 79,29. Secara umum, guru dan 91,25% siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan strategi bioedutainment dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa lintas minat di SMA. Kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi bioedutainment di kelas lintas minat perlu dilakukan mengingat minat siswa pada mata pelajaran lintas minat yang rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioedutainment, hasil belajar, minat belajar, pendekatan saintifik, siswa lintas minat |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 12:57 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 12:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28935 |
Actions (login required)
View Item |