STUDI EKSPERIMEN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SEDERHANA MELALUI METODE JARIMATIKA USIA 5-6 TAHUN di TK PERTIWI 07.1 KUDUS


Siska Irmana Sari , 1601411033 (2016) STUDI EKSPERIMEN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SEDERHANA MELALUI METODE JARIMATIKA USIA 5-6 TAHUN di TK PERTIWI 07.1 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (378kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan kemampuan dasar perkembangan kognitif. Mengenalkan anak matematika berguna sebagai bekal anak dalam memecahkan masalah pada kesehariannya (problem solving). Kemampuan matematika yang sederhana dikenalkan kepada anak ialah mengenalkan penjumlahan dan pengurangan, matematika dianggap pelajaran yang sulit oleh anak-anak karena dalam penyampaiannya yang monoton, sehingga perlu metode yang tepat untuk membantu kegiatan pembelajaran matematika. Mengenalkan matematika penjumlahan dan pengurangan kepada anak dapat melalui metode jarimatika. Metode jarimatika merupakan metode berhitung melalui jari-jari tangan sebagai medianya, pada metode ini mengembangkan kemampuan berhitung anak. Pada kegiatan jarimatika mengenalkan anak bahwa matematika pada jalur berhitung adalah hal yang menyenangkan, dalam penyampaiannya diawali dan diakhiri dengan bermain sehingga anak akan senang belajar matematika dan tidak kesusahan lagi dalam kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan sederhana pada usia 5-6 tahun, anak usia 5-6 tahun termasuk usia prasekolah yang aspek perkembangannya membutuhkan stimulus untuk berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design dan teknik pengambilan sampel ini menggunakan Purposive Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan di TK PERTIWI 07.1 Kudus, terdapat kelas eksperimen yaitu B1 ysng diberikan perlakuan berupa metode jarimatika untuk melihat kemampuan penjumlahan dan pengurangan sederhana. Berdasarkan uji t Independent data kelompok eksperimen adalah signifikan karena memiliki nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan, Metode Jarimatika, Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:49
Last Modified: 05 Jan 2018 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28923

Actions (login required)

View Item View Item