KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTROL DIRI MANTAN PECANDU NARKOBA DI YAYASAN “RUMAH DAMAI” KOTA SEMARANG


Dwi Laelatul Faizah , 1301412046 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTROL DIRI MANTAN PECANDU NARKOBA DI YAYASAN “RUMAH DAMAI” KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada mentor dan pihak BNN yang menunjukkan bahwa dalam keberhasilan program rehabilitasi untuk mantan pecandu narkoba untuk tidak relapse masih sedikit. Dari 50 siswa setiap tahunnya data yang relapse (kambuh) ada 5 siswa pasca rehab. Hal ini menjadi permasalahan bagi individu mantan pecandu narkoba terkait daya tahan untuk mengendalikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri mantan pecandu narkoba di yayasan Rumah Damai Kota Semarang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa yayasan Rumah Damai Kota Semarang yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Ukuran sampel berdasarkan layanan untuk konseling kelompok adalah 6,25% dari jumlah siswa atau dari siswa yang mempunyai kriteria tertentu yaitu 8 siswa. Metode pengumpulan data ini menggunakan skala psikologis, yaitu skala Kontrol Diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring efektif untuk meningkatkan kemampuan kontrol diri mantan pecandu narkoba di yayasan Ruma Damai. Dari hasil pretest sebesar 72,4% setelah diberkan perlakuan meningkat sebesar 79,4%. Peningkatan yang dialami cukup signifikan yaitu 7%. Dalam penelitian ini terdapat keefektifan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring terhadap kemampuan kontrol diri, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (z= -2,521, p<0,05). Dengan kata lain, hipotesis yang diajukan diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring terhadap mantan pecandu narkoba. Konselor dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kontrol diri dengan layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring di setting luar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Kontrol Diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:42
Last Modified: 03 Jan 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28857

Actions (login required)

View Item View Item