PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BOOKLET PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN


Farkhana , 4401412066 (2016) PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BOOKLET PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BOOKLET PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BOOKLET PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui penggunaan model Think Talk Write (TTW) dengan media booklet pada materi invertebrata di SMA Negeri 2 Ungaran pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan model TTW dengan media booklet dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa serta variabel kontrol adalah guru Biologi dan jumlah jam pelajaran. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dari nilai LDS, nilai hasil karya siswa (pada fase write), aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan nilai aspek kognitif setelah pembelajaran. Data aktivitas siswa diperoleh dari lembar penilaian aktivitas siswa oleh observer, data tanggapan siswa dan guru terhadap pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 79,66 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu rata-rata 71,68. Ketuntasan klasikal yang dicapai kelas eksperimen sebesar 88,57% sedangkan kelas kontrol sebesar 20,59%. Data tersebut menunjukkan bahwa kelas ekperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara model TTW dengan media booklet terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan pada kelas eksperimen menggunakan model TTW sehingga membuat alur berpikir siswa dalam membangun konsep dan menyelesaikan masalah lebih terorganisir dengan baik. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan persentase 73,4%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa kelas eksperimen tinggi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Guru memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran materi Invertebrata menggunakan model TTW dengan media booklet. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Think Talk Write (TTW) dengan media booklet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Invertebrata kelas X SMA Negeri 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, materi Invertebrata, media booklet, model Think Talk Write (TTW)
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 Jan 2018 13:12
Last Modified: 03 Jan 2018 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item View Item