PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BERBANTUAN MODUL DAUR ULANG LIMBAH PADA LITERASI SAINS SISWA


Dian Dwi Hapsari , 4401412029 (2016) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BERBANTUAN MODUL DAUR ULANG LIMBAH PADA LITERASI SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BERBANTUAN MODUL DAUR ULANG LIMBAH PADA LITERASI SAINS SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN BERBANTUAN MODUL DAUR ULANG LIMBAH PADA LITERASI SAINS SISWA) - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa agar dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Hal itu disebabkan karena pembelajaran masih bersifat tekstual. Pembelajaran perlu dikemas ke dalam pembelajaran yang bersifat kontekstual yang menarik siswa. Salah satu model pembelajaran yang bersifat kontekstual adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan berbantuan modul daur ulang limbah terhadap literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil tes kemampuan literasi sains siswa dianalisis dengan Uji-t dan uji N-Gain. Data tingkat keterlaksanaan pembelajaran dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen berbeda signikan dengan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi (71%) dan sedang (31%). sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dengan kriteria tinggi (3%) dan sedang (84%). Tingkat keterlaksanaan pembelajaran masuk kriteria sangat baik. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran masuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan berbantuan modul daur ulang berpengaruh terhadap literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Daur ulang limbah, literasi sains, pembelajaran berbasis proyek.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 Jan 2018 12:27
Last Modified: 03 Jan 2018 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28839

Actions (login required)

View Item View Item