EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMP NEGERI 3 BATANG


Ayu Puspitasari , 4401411140 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMP NEGERI 3 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMP NEGERI 3 BATANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMP NEGERI 3 BATANG) - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Paradigma pembelajaran di abad ke-21 memandang perlunya membekali siswa dengan keterampilan-keterampilan sehingga pembelajaran berfokus membantu setiap siswa belajar tentang how to learn. Siswa terlibat aktif menemukan dan membangun pemahaman mereka sendiri untuk dapat memecahkan permasalahan dunia nyata. Model PjBL melibatkan keterampilan penting dan berlatar masalah dunia nyata. Pencemaran lingkungan merupakan materi yang sangat dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari. Pembelajaran di sekolah belum secara optimal memanfaatkan sumber-sumber belajar yang dekat dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan model pembelajaran berbasis proyek di SMP Negeri 3 Batang. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang tahun pelajaran 2014/1015 yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PjBL pada materi pencemaran lingkungan dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 83,33% dengan nilai akhir ≥ 76 dan rata-rata hasil belajar siswa 81,66. Aktivitas siswa berada pada kriteria sangat aktif (77,78%) dan aktif (22,22%). Sikap peduli lingkungan siswa berada pada kriteria sangat baik (80,56%) dan baik (19,44%). Tanggapan siswa dalam kriteria baik dan sangat baik, sedangkan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan model PjBL. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa pembelajaran materi pencemaran lingkungan efektif dengan model pembelajaran berbasis proyek di SMP Negeri 3 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:44
Last Modified: 02 Jan 2018 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28819

Actions (login required)

View Item View Item