PENGEMBANGAN E-BOOK PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI SISTEM SIRKULASI
Nyan Hayu Widiastuti , 440141115 (2016) PENGEMBANGAN E-BOOK PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI SISTEM SIRKULASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN E-BOOK PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI SISTEM SIRKULASI)
- Published Version
Download (550kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis teknologi umum digunakan untuk menjelaskan konsep Biologi, salah satunya untuk menyusun e-book petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum berupa e-book diharapkan mampu mengatasi kekurangan dan keterbatasan petunjuk praktikum cetak. Berdasarkan hasil angket peserta didik dan wawancara guru diperoleh informasi bahwa tidak semua praktikum materi sistem sirkulasi mampu dilaksanakan karena petunjuk praktikum tidak lengkap, keterbatasan alat dan bahan praktikum, serta keterbatasan waktu pelaksanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan e-book petunjuk praktikum, mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-book petunjuk praktikum materi sistem sirkulasi untuk peserta didik SMA berdasarkan pakar media dan materi, mengetahui efektivitas e-book sebagai salah satu media pembelajaran, dan mengetahui nilai guna e-book berdasarkan tanggapan peserta didik dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dari Borg yang dimodifikasi. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi delapan tahap, yaitu penelitian pendahuluan, pengembangan draft produk, validasi oleh pakar, analisis dan revisi berdasarkan validasi pakar, uji coba lapangan awal, analisis dan revisi produk berdasarkan hasil uji coba lapangan awal, ujicoba lapangan akhir, dan penyempurnaan produk akhir. Metode yang digunakan pada uji coba lapangan akhir adalah one shot case study. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI MIA 6 SMA Negeri 1 Ungaran. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis, kelayakan, soal post test, dan tanggapan. Hasil pengembangan e-book petunjuk praktikum, e-book dinyatakan layak sebagai media pembelajaran dengan skor persentase pakar media dan materi berturut-turut sebesar 85,7% (kriteria sangat layak) dan 89,6% (kriteria sangat layak). Terbukti efektif diterapkan berdasarkan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 86,1% dengan KKM ≥ 80. Memiliki nilai kegunaan berdasarkan tanggapan peserta didik dan guru berturut turut dengan skor persentase 87,7% (kriteria sangat baik) dan 100% (kriteria sangat baik).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: e-book, materi sistem sirkulasi, petunjuk praktikum |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 14:22 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28774 |
Actions (login required)
View Item |