PERBANDINGAN MEDIA GAMBAR BERANTAI DAN MEDIA LIRIK LAGU DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL DSI-PK (DESAIN SISTEM INTRUKSIONAL-PENCAPAIAN KOMPETENSI) BAGI SISWA KELAS VII SMP


Dewi Prajnaparamitha Amandangi , 2101412173 (2016) PERBANDINGAN MEDIA GAMBAR BERANTAI DAN MEDIA LIRIK LAGU DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL DSI-PK (DESAIN SISTEM INTRUKSIONAL-PENCAPAIAN KOMPETENSI) BAGI SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412173.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (626kB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013, menyusun teks cerita pendek secara tertulis merupakan Kompetensi Dasar kelas VII yang harus dikuasai oleh siswa. Namun pada kenyataannya, pembelajaran menyusun teks cerita pendek masih menemui banyak kendala. Oleh karena itu, pembelajaran menyusun teks cerita pendek memerlukan media dan model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek. Penggunaan media sudah banyak diterapkan oleh guru, namun belum ada penelitian yang menerangkan tentang perbandingan keefektifan media gambar berantai dan media lirik lagu dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan media gambar berantai dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSI-PK pada siswa kelas VII SMP, (2) mengetahui keefektifan media lirik lagu dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSIPK pada siswa kelas VII SMP, (3) mengetahui perbandingan keefektifan media gambar berantai dan media lirik lagu dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSI-PK pada siswa kelas VII SMP. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control groupdesign. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan meyusun teks cerita pendek siswa kelas VII D SMP N 1 Wonosobo (kelas eksperimen1) dan kelas VII F SMP N 1 Wonosobo (kelas eksperimen 2). Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan memberikan media gambar berantai melalui model DSI-PK dengan jumlah responden sebanyak 32 dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan memberikan media lirik lagu melalui model DSI-PK dengan jumlah responden sebanyak 33. Sebelum diberi perlakuan, siswa mengerjakan soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Selanjutnya diberi perlakuan dan di akhir pembelajaran siswa mengerjakan soal posttest untuk engetahui hasil akhir keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek. Berdasarkan penelitian, dapat diketahui bahwa (1) media gambar berantai efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSI-PK pada siswa kelas VII SMP, (2) media lirik lagu efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSI-PK pada siswa kelas VII SMP, dan (3) media lirik lagu lebih efektif jika dibandingkan dengan media gambar berantai dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan model DSI-PK pada siswa kelas VII SMP. Pada aspek keterampilan, nilai rata-rata kelas eksperimen 1 > kelas eksperimen 2, yakni 82,182 > 71,0625. Hasil penghitungan uji beda rata-rata (Independent Sample T Test) menggunakan SPSS menunjukkan Sig = 0.050 hasil ini menunjukkan Sig ≤ 0,05. Hal ini menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Media lirik lagu lebih efektif digunakan karena media ini dapat meningkatkan daya imajinasi siswa dan memudahkan siswa dalam menemukan unsur-unsur pembangun teks cerita pendek. Siswa juga dapat mengembangkan alur yang diperoleh dari lirik lagu menjadi jalan cerita yang lebih luas sesuai dengan daya imajinasi yang dimiliki siswa. Saran dari peneliti untuk penggunaan media adalah hendaknya guru memaksimalkan lirik dari lagu-lagu Indonesia yang jumlahnya sangat banyak dengan tema yang bermacam-macam. Siswa cenderung lebih memahami lirik lagu yang sesuai dengan keadaan emosional mereka. Oleh karenanya, guru harus mampu memilih tema yang menarik dan dapat membantu siswa dalam memahami lirik lagu. Hendaknya guru juga memiliki tips untuk meningkatkan daya pemahaman siswa dengan memberikan contoh dan langkah-langkah yang jelas dalam menyusun teks cerita pendek. Guru juga dapat memanfaatkan media gambar, khususnya gambar berantai dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek. Guru harus mampu menentukan, menyusun, dan memfilter gambar yang akan digunakan sebagai media. Gambar dapat diperoleh dengan cara menggambar, memanfaatkan potongan gambar film, memanfaatkan komik, dan lain-lain. Hendaknya guru dapat menyusun gambar dengan runtut sehingga alur dapat dipahami siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media gambar berantai, media lirik lagu, menyusun teks cerita pendek, model DSI-PK
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:36
Last Modified: 27 Dec 2017 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28709

Actions (login required)

View Item View Item