KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXAMPLES NONEXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI BERKENAAN DENGAN KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS VII SMP


Irawati , 2101412171 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXAMPLES NONEXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI BERKENAAN DENGAN KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (422kB) | Preview

Abstract

Metode merupakan suatu cara yang dipakai untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan (Rohman dan Sobry 2014:55). Metode pembelajaran dapat membuat siswa menjadi aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Jenis metode pembelajaran ada beraneka ragam. Adapun jenis metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis adalah metode examples non examples dan metode picture and picture. Untuk mengetahui keefektifan metode examples dan examples dan picture and picture , maka penelitian ini menerapkan keduanya pada pembelajaran menulis puisi keindahan alam mata pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan penggunaan metode examples nonexamples dengan media puzzle dalam pembelajaran menulis kreatif puisi berkenaaan dengan keindahan alam pada siswa kelas VII SMP? (2)Bagaimana keefektifan penggunaan metode picture and picture dengan media puzzle dalam pembelajaran menulis kreatif puisi berkenaaan dengan keindahan alam pada siswa kelas VII SMP? (3) Metode manakah yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi berkenaaan dengan keindahan alam antara metode examples nonexamples atau metode picture and picture dengan media puzzle? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Windusari Kabupaten Magelang, menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Kelas D sebagai kelas ekperimen satu yang dapat perlakuan menggunakan metode examples non examples dengan media puzzle, sedangkan kelas C sebagai kelas ekperimen dua yang dapat perlakuan menggunakan metode picture and picture dengan media puzzle. Pada prinsipnya, terdapat tiga kegiatan inti dalam penelitian ini, yaitu tes awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (post-test). Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan soal unjuk kerja untuk menulis puisi keindahan alam. Hasil uji t kelompok metode examples nonexamples diketahui rata-rata skor pre-test kelas yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode examples nonexamples adalah 57.35 dan rata-rata post-test-nya adalah 79.76. Setelah data tersebut di uji menggunakan uji t diperoleh t hitung: -6.691, dan sig : 0.000. Dengan demikian, 0.000 ≤ 0.05 berada pada daerah penerimaan H1 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest dengan pembelajaran menggunakan metode examples nonexamples dengan media puzzle. Sedangkan hasil uji t kelompok metode picture and picture diketahui rata-rata skor pre-test kelas yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode picture and picture adalah 60.89 dan rata-rata post-test-nya adalah 83.92. Setelah data tersebut di uji menggunakan uji t maka diperoleh diperoleh t hitung: -7.472, dan sig : 0.000. Dengan demikian, 0.000 ≤ 0.05 berada pada daerah penerimaan H1 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata pretest dan postest dengan pembelajaran menggunakan metode picture and picture dengan media puzzle. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan akhir data post-test metode examples non examples dan metode picture and picture dengan media puzzle, yaitu metode picture and picture dengan media puzzle lebih efektif di banding metode examples non examples dengan media puzzle. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, menarik minat siswa untuk belajar; (2) Dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan metode picture and picture dengan media puzzle hendaknya guru memberikan penjelasan materi yang singkat, jelas, dan mudah dipahami siswa, gambar yang menarik, sehingga selain siswa dapat merangkai kata-kata menjadi puisi yang indah, siswa juga dapat berfikir kritis; (3) Hendaknya guru memiliki wawasan yang luas dan kreatif agar dapat menerapkan metode picture and picture atau metode examples nonexamples dengan media puzzle dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Puisi Keindahan Alam, Metode examples nonexamples, Metode picture and picture, Media puzzle,
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:28
Last Modified: 27 Dec 2017 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28708

Actions (login required)

View Item View Item