HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA BIDIKMISI FIP UNNES ANGKATAN TAHUN 2010 – 2011
Luluk Fujiati , 1511412112 (2016) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF-EFFICACY DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA BIDIKMISI FIP UNNES ANGKATAN TAHUN 2010 – 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (341kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa Bidikmisi FIP Unnes terkait dengan kontrak penerima beasiswa Bidikmisi Unnes adalah tidak lulus tepat waktu sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan. Akibat dari ketidaktepatan waktu tersebut, mereka harus menyelesaikan kuliah tanpa beasiswa Bidikmisi lagi. Hal ini dapat menjadi kondisi yang membuat mereka tertekan, karena mereka harus membayar uang kuliah setiap semester dan mereka tidak lagi mendapat bantuan uang setiap bulannya. Resiliensi dibutuhkan oleh mahasiswa Bidikmisi FIP Unnes pasca berakhirnya beasiswa agar mampu bertahan dalam kondisi yang membuatnya tertekan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi resiliensi seseorang adalah academic self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bidikmisis FIP Unnes angkatan tahun 2010 – 2011 yang beasiswanya telah berakhir. Jumlah sampel yaitu sebanyak 32 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan model skala Likert dengan dua macam skala psikologi, yaitu skala resiliensi dan skala academic self-efficacy. Skala resiliensi yang terdiri dari 15 aitem ini memiliki koefisien validitas bergerak dari 0,371 sampai dengan 0,702 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,809. Sedangkan skala academic self-efficacy yang terdiri dari 20 aitem ini memiliki koefisien validitas bergerak dari 0,382 sampai dengan 0,690 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,847. Academic self-efficacy mahasiswa Bidikmisi FIP Unnes yang beasiswanya telah berakhir berada dalam kategori sedang dengan indikator yang paling berpengaruh yaitu memilih tingkah laku yang berorientasi pada penyelesaian tugas. Adapun resiliensinya berada dalam kategori tinggi dengan indikator yang paling berpengaruh yaitu mampu mengendalikan dorongan internal. Metode analisis menggunakan korelasi Product Moment dengan hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,631 dengan nilai signifikansi 0,000 (p α 0,01) sehingga hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara academic self-efficacy dengan resiliensi pada mahasiswa Bidikmisi FIP Unnes angkatan tahun 2010 – 2011” diterima. Artinya, semakin tinggi academic self-efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula resiliensinya, dan sebaliknya semakin rendah academic
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Self-Efficacy, Resiliensi, Bidikmisi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 14:45 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 14:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28703 |
Actions (login required)
View Item |