KEEFEKTIFAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) DAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE ACAK DIALOG DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X IPA SMA
Siti Nur Mutammimah , 2101412136 (2016) KEEFEKTIFAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) DAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE ACAK DIALOG DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X IPA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (504kB) | Preview |
Abstract
Memproduksi teks negosiasi merupakan salah satu kompetensi yang termuat dalam Kurikulum 2013. Keterampilan memproduksi teks negosiasi penting diajarkan agar siswa cakap bernegosiasi. Keberhasilan pembelajaran memproduksi teks negosiasi dapat dipengaruhi oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi, yaitu metode TTW dan metode CIRC. Kedua metode tersebut mengarahkan siswa pada kegiatan diskusi yang selanjutnya mengarahkan siswa untuk menghasilkan tulisan. Selain penerapan metode, penggunaan media puzzle acak dialog juga dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran memproduksi teks negosiasi. Media tersebut dapat menarik minat siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan metode TTW dan metode CIRC dengan menggunakan media puzzle acak dialog dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X IPA SMA. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks negosiasi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media puzzle acak dialog pada siswa kelas X IPA SMA, (2) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks negosiasi dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) menggunakan media puzzle acak dialog pada siswa kelas X IPA SMA, (3) mendeskripsikan tingkat signifikansi perbedaan kemampuan memproduksi teks negosiasi dengan metode Think Talk Write (TTW) dan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) menggunakan media puzzle acak dialog pada siswa kelas X IPA SMA, dan (4) mengetahui metode yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi dengan metode Think Talk Write (TTW) atau metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) menggunakan media puzzle acak dialog pada siswa kelas X IPA SMA. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPA1 dan X IPA4 SMAN 1 Guntur. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan teknik purposive sampling. Kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan metode TTW dan kelas X IPA4 sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan metode CIRC. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa praktik memproduksi teks negosiasi dan teknik nontes berupa observasi dan dokumentasi. Sementara, teknik analisis data berupa uji sampel dan uji hipotesis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memproduksi teks negosiasi dengan metode TTW berkategori baik dengan skor rata-rata 81,50 dan persentase ketuntasan sebesar 81,25%. Kemampuan memproduksi teks negosiasi dengan metode CIRC berkategori sangat baik dengan skor rata-rata 85,06 dan persentase ketuntasan sebesar 90,63%. Sementara, hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,02 (sig <0,05) yang berarti terdapat perbedaan rata-rata pada kedua kelas eksperimen. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode CIRC lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X IPA SMA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan metode CIRC dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi karena telah terbukti keefektifannya dibanding metode TTW dan (2) peneliti bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam melakukan penelitian terhadap penerapan metode CIRC dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan memproduksi teks negosiasi, metode TTW, metode CIRC, media puzzle acak dialog |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 13:43 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 13:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28700 |
Actions (login required)
View Item |